8 Gangguan Kesehatan Akibat Apnea Tidur

Mata Internet Dunia: 8 Gangguan Kesehatan Akibat Apnea Tidur -
8 Gangguan Kesehatan Akibat Apnea Tidur
8 Gangguan Kesehatan Akibat Apnea Tidur - Apnea tidur adalah gangguan tidur dengan kesulitan bernapas. Penderita apnea tidur biasanya berhenti bernapas selama beberapa detik dan bisa menyebabkan kematian. Beberapa gejala dari apnea tidur adalah bangun dengan keadaan mulut kering, sakit kepala di pagi hari, sulit konsentrasi, dan gampang marah.

Selain itu, ternyata apnea tidur juga bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post dan Merdeka berikut ini:

1. Serangan jantung
Serangan jantung
[lihat.co.id] - Gangguan tidur apnea sifatnya mencekik sehingga membuat detak jantung berdegup lebih kencang dan tekanan darah meningkat drastis. Jika kondisi tersebut berulang setiap malam, apnea tidur jelas mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah penelitian pada tahun 2007 lalu bahkan pernah menyebutkan bahwa penderita apnea tidur berisiko 30 persen lebih tinggi terkena serangan jantung atau meninggal akibat penyakit tersebut dalam jangka waktu lima tahun ke depan.

2. Depresi
Depresi
[lihat.co.id] - Pria dengan apnea tidur dua kali lipat merasa mudah putus asa, kurang bergairah dalam menjalani kehidupan, dan akhirnya mengalami depresi. Parahnya, wanita justru lima kali lipat mengalami itu semua jika menderita apnea tidur.

Kabar baiknya, perawatan dan pengobatan apnea tidur secara otomatis bisa menurunkan tingkat depresi yang dialami penderita.

3. Diabetes
Diabetes
[lihat.co.id] - Ada beberapa penelitian yang sempat membahas kaitan antara apnea tidur dan sindrom metabolisme, seperti diabetes. Bahkan penelitian terbaru menemukan bahwa penderita apnea tidur memiliki risiko terkena diabetes dua kali lipat lebih tinggi daripada orang normal.

4. Kanker
Kanker
[lihat.co.id] - Selain berisiko terkena kanker, rupanya penderita apnea tidur juga rentan meninggal akibat penyakit kanker tersebut, demikian menurut dua penelitian.

Penelitian pertama tepatnya menyebutkan bahwa penderita apnea tidur berisiko terkena kanker apapun sebesar 65 persen. Sementara penelitian kedua menemukan bahwa penderita apnea tidur yang juga mengidap kanker berisiko meninggal lima kali lebih cepat karena penyakitnya.

5. Libido
Libido
[lihat.co.id] - Kurang tidur sering disebutkan menjadi hal yang buruk bagi kesehatan reproduksi. Akan tetapi, apnea tidur ternyata juga berdampak buruk bagi pria dan wanita. Sebab apnea tidur mengganggu kinerja hormon dan akhirnya menurunkan gairah bercinta atau libido mereka.

Jadi ketika libido menurun, perawatan dan konsultasi pada ahli terapi seks mungkin tidak cukup. Sebab akar masalah yang sebenarnya dikarenakan apnea tidur yang dialami seseorang.

6. Stroke
Stroke
[lihat.co.id] - Peneliti sudah lama menyelidiki kaitan antara apnea tidur dan risiko stroke. Salah satunya adalah penelitian skala kecil yang baru-baru ini menemukan kalau di antara 51 dalam 56 pasien stroke ternyata memang menderita stroke.

Meskipun demikian, peneliti masih ingin memahami kenapa apnea tidur bisa meningkatkan risiko stroke tersebut.

7. Kecelakaan
Kecelakaan
[lihat.co.id] - Mengantuk di jalan akibat kurang tidur memang bisa membahayakan nyawa karena meningkatkan risiko mengalami kecelakaan lalu lintas. Akan tetapi sebuah penelitian menyebutkan kalau penderita apnea tidur juga memiliki risiko yang sama. Bahkan mereka tiga sampai lima kali lipat terlibat dalam kecelakaan serius.

8. Komplikasi keamilan
Komplikasi keamilan
[lihat.co.id] - Meskipun apnea tidur lebih sering ditemukan pada pria, namun bukan berarti wanita kebal terhadap gangguan tersebut. Malah faktanya, apnea tidur memberi dampak kesehatan yang cukup rumit bagi wanita.

Penelitian terbaru menemukan kalau wanita dengan apnea tidur cenderung mengalami peningkatan tekanan darah ketika hamil. Sehingga mereka harus menjalani persalinan dengan operasi dan bayi yang dilahirkan berisiko prematur.

Related Posts: 8 Gangguan Kesehatan Akibat Apnea Tidur

Blog Archive