5 Aksi Dahlan Iskan saat tidak Kecewa dengan Pelayanan Publik

Mata Internet Dunia: 5 Aksi Dahlan Iskan saat tidak Kecewa dengan Pelayanan Publik -
5 Aksi Dahlan Iskan saat tidak Kecewa dengan Pelayanan Publik - Siapa yang tidak kenal Dahlan Iskan? Namanya semakin melambung dan dikenal publik setelah Dahlan duduk menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ada beberapa faktor yang membuat nama Dahlan makin dikenal masyarakat. Tidak hanya karena menjadi bintang iklan televisi, tapi Dahlan juga dikenal atas aksi-aksi nyentrik layaknya koboi.

Sejak menjadi menteri, Dahlan memang kerap terlihat melakukan berbagai aksi di ruang publik. Bukan satu atau dua kali dia beraksi di jalan. Dari pengakuannya, beberapa aksinya selama ini dilakukan secara spontan karena kecewa dengan kondisi yang membuat masyarakat tidak nyaman.

Aksi Dahlan yang mungkin paling fenomenal dan diingat masyarakat adalah saat Dahlan membuka paksa pintu tol Semanggi arah Slipi. Dia membuka pintu tol tersebut dan menggratiskan mobil yang keluar di pintu tol itu.

Dahlan punya alasan tersendiri, antrean kendaraan terlalu panjang. Setelah itu, Dahlan kerap beraksi di jalanan manakala kecewa dengan buruknya pelayanan publik. Itu adalah caranya mengingatkan pejabat agar membenahi kualitas pelayanan.

Aksi-aksinya Dahlan seolah menunjukkan buruknya pelayanan publik. Apa saja aksi-aksi Dahlan yang dilakukan lantaran tidak puas dengan pelayanan publik?Berikut 5 Aksi Dahlan Iskan saat tidak Kecewa dengan Pelayanan Publik,dikutip dari Merdeka:

1. Tongkrongin mobil mewah di Bandara Soekarno-Hatta
Tongkrongin mobil mewah di Bandara Soekarno-Hatta
Awal Mei lalu, kinerja Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta kembali mendapat sorotan dari Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Dahlan mengaku sangat kesal dengan mobil mewah yang sering parkir sembarangan di tersebut. Dahlan langsung mendatangi mobil yang terparkir sembarangan di terminal 2F Bandara Soekarno Hatta. Dia kesal sebab mobil itu membuat jalan di terminal 2F menjadi macet.

"Dan itu sebetulnya prosedur, manajemen harus profesional, harus tegas, tidak usah pandang bulu. Mau tertib harus begitu," tegas Dahlan.

2. Buka paksa palang pintu Senayan
Buka paksa palang pintu Senayan
Sepulangnya menghadiri acara BUMN Innovation Award di JCC Senayan, kemarin, Dahlan turun dari mobil dan langsung membuka palang pintu keluar kompleks Stadion Utama Bung Karno di depan Polda Metro Jaya. Kabag Humas Kementerian BUMN, Faisal Halimi menuturkan, hal itu dilakukan Dahlan lantaran kemacetan panjang saat hendak keluar Senayan.

"Karena macetnya sangat panjang, Pak Dahlan berinisiatif turun dari mobil dan mengangkat penghalang pintu masuk agar kendaraan bisa keluar dengan mudah dan cepat. Kebetulan dalam rombongan Pak Dahlan juga ada Dubes RI untuk Swiss Pak Djoko Susilo," ucap Faisal dalam pesan singkatnya di Jakarta, Kamis (27/6).

Petugas keamanan setempat sempat menghampiri Dahlan. Namun Dahlan menjawab santai. "Ini bukan persoalan menteri ya, aku ini bukan sebagai menteri. Namun ini pelayanan yang sangat buruk sekali. Orang antre begitu panjangnya, anda tenang-tenang saja dan tidak melakukan upaya apapun," ucap Dahlan yang ditirukan Faisal.

3. Bersihkan lantai Bandara Soekarno Hatta
Bersihkan lantai Bandara Soekarno Hatta
Belum lepas dari ingatan kita saat Dahlan kesal dengan kinerja Angkasa Pura II dalam mengelola Bandara Soekarno Hatta. Dahlan tidak puas dengan persoalan kebersihan bandara.

Namun, dia tidak menegur secara langsung. Dengan gaya nyentriknya, Dahlan spontan beraksi di depan publik. Apa yang dilakukan Dahlan? Dahlan membersihkan lantai bandara, tepatnya di terminal keberangkatan 2F.

Dahlan melakukan aksinya tersebut ketika hendak terbang menuju Surabaya dengan penerbangan sekitar pukul 15.00 WIB pada Agustus tahun lalu.

4. Atur lalu lintas bandara yang semrawut
Atur lalu lintas bandara yang semrawut
Semrawutnya lalu lintas di Bandara Soekarno Hatta mendorong Dahlan kembali beraksi bak koboi jalanan. Penyebabnya, kemacetan panjang di depan terminal 2F Bandara Soekarno Hatta.

"Ini membuat Pak Dahlan memperhatikan kenapa terjadi. Kemudian beliau menelepon Dirut AP 2 Pak Tri (Trisunoko)," ucap Kabag Humas Kementerian BUMN, Faisal Halimi di Jakarta, Jumat (26/4).

Dahlan langsung beraksi dengan turun dari mobilnya dan mengatur lalu lintas di depan pintu terminal 2F.

"Karena ini macet panjang sekali, kasihan orang yang buru-buru mau berangkat," ucap Dahlan yang ditirukan Faisal.

5. Atur lalu lintas di tol
Atur lalu lintas di tol
Persoalan kemacetan di jalan tol ibu kota membuat Dahlan berpikir untuk mencari solusinya. Ini adalah pekerjaan rumah yang besar bagi Dahlan.

Penerapan contra flow atau lawan arus di beberapa ruas tol dalam kota, mencuri perhatian Dahlan. Dia tertarik meninjau langsung penerapan sistem yang diyakini bisa mengurai kemacetan di ruas tol dalam kota.

Berdasarkan informasi yang diperoleh merdeka.com, Dahlan turun langsung mengatur arus lalu lintas contra flow di tol dalam kota sekitar kilometer 3+050. Sekitar pukul 09.00 wib, Dahlan terlihat membantu mengatur kendaraan di depan Bank Bukopin, Pancoran. Di jam tersebut, volume arus kendaraan cukup padat.

Related Posts: 5 Aksi Dahlan Iskan saat tidak Kecewa dengan Pelayanan Publik

Blog Archive