7 Aplikasi yg Akan Dimatikan oleh iOS 7 dan OS X

Mata Internet Dunia: 7 Aplikasi yg Akan Dimatikan oleh iOS 7 dan OS X -
Setiap kali merilis iOS dan OS Mac terbaru, Apple kerap 'mematikan' berbagai aplikasi third-party populer dan menggantikannya dengan aplikasi milik mereka. Begitu pula dengan perilisan di tahun ini. Seperti apa?

Apple baru saja mengungkap sistem operasi terbaru mereka yakni iOS 7 dan Mac OS X Mavericks di ajang World Wide Developer Conference (WWDC) 2013 yang digelar di San Francisco, AS, Senin (10/6) waktu setempat atau Selasa (11/6) pagi WIB.

Seperti sudah menjadi kebiasaan, setiap merilis sistem operasi baru Apple sering kali 'mematikan' aneka aplikasi third-party populer dan menggantikannya dengan aplikasi milik mereka.

Untuk perilisan kali ini, setidaknya ada delapan aplikasi third-party yang harus rela 'ditendang' oleh Apple karena perusahaan teknologi berbasis di Cupertino, California ini telah menggantinya dengan fitur bawaan iOS 7 dan OS X.

Berikut daftar aplikasi yang 'dimatikan' beserta para penggantinya seperti dilansir oleh Cult of Mac:

1. 1Password, digantikan oleh iCloud Keychain
1Password, digantikan oleh iCloud Keychain
 Bagi para pengguna 1Password, dalam waktu dekat ini mereka tidak lagi membutuhkannya karena Apple memiliki iCloud Keychain dengan fungsi serupa.

iCloud Keychain mampu menyimpan banyak password dan generate password sehingga semua kolom password bisa dengan cepat terisi password yang sebelumnya suudah diatur.

2. Flashlight Apps, digantikan oleh Control Center
Flashlight Apps, digantikan oleh Control Center
Sejak kehadiran iPhone 4, Apple menambahkan back-facing LED di iPhone. Meski demikian fitur flashlight tidak juga diberikan hingga saat ini.

Untuk itu, di iOS 7 terbaru Apple telah menambahkan sebuah fungsi baru di Control Center yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan back-facing LED pada perangkatnya sebagai flashlight atau fungsi senter.

Sehingga nantinya Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi lampu senter yang banyak tersedia di App Store.

3. Pandora, digantikan oleh iTunes Radio
Pandora, digantikan oleh iTunes Radio
Sementara Spotify dan Rdio masih unggul dengan sejumlah fitur yang tidak dimiliki iTunes, Pandora tampaknya harus waspada karena Apple telah siap menggantikan perannya melalui iTunes Radio.

Dengan layanan baru iTunes Radio, para pengguna dapat melakukan streaming lebih dari 200 stasiun radio dan mendengarkan jutaan musik gratis.

4. Instapaper, digantikan oleh Safari
Instapaper, digantikan oleh Safari
Adanya fitur baru berupa Sidebar di browser Safari versi terbaru, disebut bakal mampu mengobati kekecewaan pengguna perangkat Mac karena dihentikannya layanan Google Reader beberapa waktu lalu.

Para pengguna browser ini pun dapat melihat Shared Links dan Reading List tanpa harus meninggalkan halaman yang sedang mereka baca. Fungsi seperti itu tentu saja dapat menggantikan peran Instapaper, meskipun dalam beberapa hal Instapaper mempunyai berbagai fitur yang lebih lengkap.

5. Auxo, digantikan oleh Multitasking
Auxo, digantikan oleh Multitasking
Auxo telah menjadi jailbreak tweak terpopuler untuk iOS. Hal ini tak lepas dari fungsinya yang dianggap mumpuni. Namun, tampaknya para pengguna iOS 7 sudah tak perlu menggunakan aplikasi ini lagi karena Apple telah memiliki fitur serupa yang disematkan pada sistem operasi mobil terbarunya ini.

Fungsi app switcher yang menjadi andalan Auxo akan bisa dilakukan di iOS 7 sehingga berganti antar aplikasi akan semakin mudah dilakukan. Cara baru multitasking di iOS 7 menjadikan tiap aplikasi dalam card mode sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan swipe untuk berganti aplikasi.

iOS 7 juga diklaim mampu memberikan manajemen CPU yang lebih baik. Karena hal ini tak lepas dari fungsi Multitasking yang didesain agar bisa lebih efisien dalam menggunakan daya baterai.

6 & 7. Instashare dan Bump, digantikan oleh AirDrop
Instashare dan Bump, digantikan oleh AirDrop
Transfer file antar perangkat iPhone pada iOS 7 dapat lakukan dengan sangat mudah jika memanfaatkan fitur AirDrop. Pengguna bisa mengirim file lebih cepat dengan AirDrop karena telah dirancang dengan dukungan yang sangat luas untuk semua aplikasi yang dilengkapi share-sheets.

Dengan kehadiran AirDrop, maka sudah tak ada alasan lagi untuk tetap menyimpan Instashare ataupun Bump di dalam iPhone Anda.

Namun bagi Anda para penguna perangkat Apple tampaknya harus bersabar jika ingin menggunakan berbagai aplikasi baru di atas. Karena Apple baru akan menghadirkan iOS 7 dan Mac OS X Mavericks pada musim gugur tahun ini atau sekitar September-Oktober 2013.

Related Posts: 7 Aplikasi yg Akan Dimatikan oleh iOS 7 dan OS X

Blog Archive