10 Bagian Tubuh Orang terkenal yang Tersisa di Dunia

Mata Internet Dunia: 10 Bagian Tubuh Orang terkenal yang Tersisa di Dunia -
10 Bagian Tubuh Orang terkenal yang Tersisa di Dunia
Banyak selebritas ataupun tokoh popular yang mendapatkan ketenaran dan keberuntungan karena memiliki bagian tubuh yang indah, ataupun menggoda. 

Di dalam perjalan sejarah dunia tercatat berbagai peristiwa yang melibatkan pemotongan bagian tubuh para sosok dunia, dan bagian tubuh tersebut ada yang disimpan hingga saat ini. Bahkan bagian tubuh yang terpisah dari jasadnya itu memiliki nilai yang tinggi. Berikut 10 Bagian Tubuh Orang terkenal yang Tersisa di Dunia:

1. ‘Burung’ Rasputin
‘Burung’ Rasputin
Salah satu bagian tubuh yang sensasional di dalam kehidupan Rasputin adalah penis. Semenjak kematiannya, bagian tubuhnya yang satu itu tetap menjadi daya tarik bagi wisatawan yang mengunjungi Rusia. 

Dan ternyata bagian tubuh tersebutlah yang membentuk reputasinya, terutama dalam berhubungan intim dengan perempuan. Ia menyebutkan bahwa berhubungan intim adalah salah satu cara untuk menyebarkan pesan suci di kalangan perempuan. Namun kemudian ia menjadi sosok yang dibenci baik oleh kalangan rakyat bahkan bangsawan Rusia. 

Sehingga terjadilah sebuah konspirasi pembunuhan yang dilakukan para bangsawan terhadap Rasputin, dan salah satu buktinya adalah sisa pengebirian sang raja, p*nis. Bagian tubuh Casanova dari Rusia saat ini bias Anda temukan apabila mengunjungi Erotica Museum St. Petersburg. P*nis diperoleh dari seorang keluarga pembantu kerajaan yang selamat dari efek konspirasi pembunuhan, dikabarkan ia mendatangi jenazah sang raja dan mengambil bagian tubuh tersebut.

2. Pecahan Tengkorak Lincoln
Pecahan Tengkorak Lincoln
Di National Museum of Health and Medicine di Maryland, disimpan beberapa peninggalan Abraham Lincoln yakni pecahan tengkorak kepalanya. Dicatatkan setelah Abraham Lincoln tertembak ia mendapatkan perawatan medis terbaik saat itu, meskipun pada akhirnya Lincoln tidak dapat diselamatkan. 

Salah satu proses medis yang harus dilalui oleh Lincoln adalah melepaskan proyektil yang bersarang di kepalanya, sehingga meninggal lubang di tengkorak kepala. Dan sisa-sisa operasi kepala Lincoln yang hingga saat ini masih tersimpan adalah pecahan tengkorak kepalanya.

3. Kepala Henri
Kepala Henri
Selama terjadi peristiwa revolusi, bukan orang yang masih hidup saja menjadi korban, mayat pun bisa menjadi korban kekerasan. Selama revolusi yang terjadi di Prancis, semua hal berbau kerajaan adalah sasaran kemarahan massa, seperti makam para raja. Makam raja dibongkar, kemudian jasadnya dinistakan (hina) kemudian dimutilasi hingga berserakan. 

Salah satu jasad raja yang menjadi korban penistaan ini adalah Raja Hery IV yang disebut-sebut sebagai Raja terbaik dan pendiri Dinasti Bourbon. Makam Henry IV dibongkar, dimutilasi kemudian bagian tubuhnya sering berpindah tangan dari kolektor benda aneh yang satu ke kolektor lainnya.Akibat peristiwa revolusi tersebut Henry IV tidak lagi menjadi sosok terhormat di mata rakyat Prancis dan Eropa. 

Namun demikian identitas kepala/wajah Henry IV baru bisa diidentifikasi pada 2010, ketika tim peneliti melakukan sebuah pengamatan, penelitian dan perbandingan melalui dokumentasi foto dan lukisan kerajaan.

4. Gigi Buddha
Gigi Buddha
Sidharta Gautama adalah pemimpin spiritual sekaligus penemu budhisme di abad ke-6 SM di India. Sebagaimana sosok relijius lainnya, hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan budha menjadi obyek yang dikeramatkan oleh para umatnya. 

Setelah Sang Budha wafat, jenazahnya pun dikremasikan di atas tumpukan kayu yang dibakar. Semua bagian tubuhnya pun hancur dijilat api, namun ada bagian tubuh dari Sang Budha yang tidak musnah yakni gigi. Hingga saat ini gigi taring milik Sang Guru tersebut masih tersimpan dan dikeramatkan oleh para umatnya.

Saking popular dan disucikan, ketika terjadi peperangan di India, salah satu benda yang paling diincar adalah gigi Sang Budha. Setelah mengalami beberapa kali pemindahan, saat ini kita dapat menemukannya di Kandy, Sri Lanka, dan disimpan dalam kotak yang dilapisi emas.

5. ‘Burung’ Napoleon
‘Burung’ Napoleon
Berbagai penggambaran mengenai sosok Napoleon kaisar Prancis, menyebutkan bahwa ia memiliki tubuh pendek dengan hasrat berkuasa yang tinggi. Namun hal tersebut tidak seluruhnya benar, para arkeolog dan sejarawan dunia mengatakan bahwa tinggi tubuh Napoleon masih pada tinggi rata-rata manusia di zamannya. 

Setelah kematiannya, sebuah otopsi dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian sang kaisar. Jantung dan  perut diangkat dari tubuhnya, namun ada seorang dari tim dokter yang mengatakan  bahwa bagian p*nisnya pun diamputasi.

Namun pengakuan dokter tersebut menimbulkan banyak perdebatan, terutama mengenai kebenaran bagian tubuh tersebut adalah milik Napoleon. Meskipun demikian ‘burung’ Napoleon yang satu ini beberapa kali dipamerkan dan dilelang, meskipun pemiliknya tidak dipermasalahkan akan tetapi yang jadi permasalahan berikutnya adalah, ini ‘burung’ apa bukan?

6. Jari Galileo
Jari Galileo
Salah satu sikap berani Galileo yang dicatat oleh sejarah dunia adalah ketika ia dengan berani menyangkal sebuah kepercayaan bahwa bumi bergerak mengelilingi matahari. Akibatnya ia pun ditangkap dan dipenjarakan atas perintah pihak gereja. Meskipun demikian setelah kematian, jenazahnya disemayamkan di makam terhormat. 

Bahkan setelah masyarakat dunia memahami pemikirannya, jasadnya kemudian dipindahkan ke komplek pemakaman yang lebih besar dan mewah.  Selama proses pemindahan tersebut, salah seorang penggemarnya berbuat ‘usil’ yakni menyimpan bagian jari tengah Galileo sebagai cinderamata. 

Dan sekarang peninggalan berupa jari tangan Galileo dapat ditemukan di Museum History of Science Galileo di Florence. Dikabarkan melalui jari tengahnya tersebut, Galileo berhasil membuktikan bahwa pemikiran pihak gereja mengenai bumi keliru.

7. Bola Mata Einstein
Bola Mata Einstein
Bagian tubuh para santa-santo yang telah meninggal seringkali dijadikan keramat oleh para pengikutnya, salah satunya Einstein yang dianggap santa di dalam ilmu dan pengetahuan dunia. Selain bagian otaknya yang masih diawetkan, tim dokter yang meneliti tubuhnya pun masih menyimpan bola mata Einstein. 

Sementara bagian otaknya dijadikan bahan penelitian, khusus untuk bola matanya dijadikan sebagai alat untuk memotivasi dan menginspirasi umat manusia. Berdasarkan sebuah rumor, kedua bola mata tersebut oleh pemiliknya (dokter) disimpan di dalam kotak deposito di New York. Dan ketika ditanya kenapa ia menyimpannya, dokter tersebut menjawab agar Enstein tetap bersamanya.

8. Otak Einstein
Otak Einstein
Otak Einstein mungkin adalah organ tubuh manusia yang paling popular hingga abad ke-21 saat ini. Organ tersebut dijadikan sebagai ciri kecerdasan yang dimiliki oleh Einstein, dan tetap menjadi favorit bagi para ilmuwan dan dokter syaraf. Hanya beberapa jam setelah kematiannya, otak Einstein diambil untuk dijadikan bahan penelitian, untuk memahami jalan pemikiran seorang Einstein. 

Dari penelitian tersebut pula ditemukan perbedaan antara otak Einstein dengan otak yang dimiliki manusia secara umum. Bahkan perjalanan otak Einstein hingga dapat membawa perubahan terhadap ilmu fisikan pun didokumentasikan ke dalam buku dan film.

9. Kepala Bentham
Kepala Bentham
Jeremy Bentham merupakan seorang filsuf utilitarian popular dunia, yang wajahnya diabadikan ke dalam seni patung. Adalah keinginannya untuk mengabadikan wajah secara nyata dibandingkan potrait patung. 

Dan ketika ia meninggal, pada kenyataan sesuatu yang buruk terjadi, proses pengawetan wajahnya tidak berjalan sempurna. Wajah Bentham pun rusak, sehingga untuk memperbaikanya, wajah tersebut dibantu dengan tambalan berbahan lilin. 

Meskipun ia adalah filsuf hebat, namun wajahnya menjadi bahan candaan para mahasiswa di University College London, akibatnya kepala Bentham tersebut dipindahkan ke sebuah museum, dan untuk melihatnya dibutuhkan izin khusus.

10. Kepala Cromwell
Kepala Cromwell
Aneh, ketika keadilan gagal untuk dikenakan kepada seorang criminal yang masih hidup, pada akhirnya jasadnyalah yang diadili. Setelah proses restorasi King Charles II, jasad Oliver Cromwell pun dibangunkan dari tidurnya untuk menjalani pengadilan dan eksekusi atas kesalahan para pendahulu termasuk ayahnya, Charles I. Jasad Cromwell digantung dihadapan public, dan kepalanya pun dipancung di Westminster Hall. Khusus wajahnya tetap disimpan dan diawetkan untuk diperlihatkan kepada generasi selanjutnya.

Namun ditengah perdebatan, kepala Cromwell yang telah diawetkan tersebut pernah dicuri oleh oknum penjaga museum. Baru pada 1960, kepala milik Cromwell dimakamkan di kampus tua Universitas Cambridge secara rahasia, agar tidak dicuri kembali.

Related Posts: 10 Bagian Tubuh Orang terkenal yang Tersisa di Dunia

Blog Archive