10 Restoran yang Memiliki Cabang Terbanyak di Dunia

Mata Internet Dunia: 10 Restoran yang Memiliki Cabang Terbanyak di Dunia -
Rumah makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan tersebut serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. 

Meski pada umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat, tetapi ada juga beberapa yang menyediakan layanan take-out dining dan delivery service sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada konsumennya.Berikut 10 Restoran yang Memiliki Cabang Terbanyak di Dunia:

1. Subway
Subway
[lihat.co.id] - Sejak dibuka pada tahun 1965, Restoran yang merupakan rangkaian rumah makan siap saji terbesar ini telah berhasil berkembang dari sebuah toko sandwich kecil, kemudian menjadi resto makanan cepat saji yang menyediakan sandwich dan salad, dan menjadi yang terbesar di dunia. Dengan lebih dari 28.000 restoran di 86 negara yang berbeda, Subway terus berkembang dengan ciri khas kesegarannya dan alternatif menu sehat di antara restoran cepat saji lainnya. 

Subway selalu menjadi yang terbesar di antara yang lainnya selama 15 kali berturut-turut.Restoran yang pertama kali didirikan pada tahun 1965 oleh dua saudara, Fred De Luca dan Peter Buck ini, memiliki menu utama, yaitu sandwich roll, salad, dll, selain itu Subway juga menyediakan minuman ringan dan hidangan-hidangan lokal yang menyesuaikan di mana lokasi restoran itu berada.

Jumlah pengunjung Subway rata-rata 42.000 orang dalam sehari di seluruh dunia, dengan 1000 orang per hari di satu restoran.

2. Dunkin Donuts
Dunkin Donuts
[lihat.co.id] - Dunkin Donuts merupakan salah satu jaringan restoran cepat saji terbesar di dunia yang kedua, setelah Subway. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1950 ini didirikan oleh William Rosenberg di Quincy, Massachutes. Sampai saat ini, Dunkin Donuts merupakan jaringan restoran donat terbesar di dunia, dengan hampir 7000 restoran, kios pengantar-ambil ke luar di lebih dari 35 negara. 

Sejak tahun 2004, Dunkin Donuts telah berhasil mempertahankan peringkat top 10, dikarenakan lebih dari 5000 waralaba Dunkin Donuts berada di Amerika. Selain menjual 26 jenis donat, Dunkin Donuts juga menghidangkan sandwich, minuman seperti kopi dan sejenisnya, juga sandwich dan makanan panggang lainnya.

Pada awal tahun 1990-an, Dunkin Donuts mulai hadir dan muncul di Indonesia. Saat ini, Dunkin Donuts sudah bisa ditemui di banyak kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta.

3. Pizza Hut
Pizza Hut
[lihat.co.id] - Pada tahun 1958, dua orang saudara bernama Frank dan Dan Carney meminjam uang sebanyak US$600 dari ibu mereka untuk membuka toko pizza kecil di Wichita, Kansas. 

50 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2008, jaringan pizza pertama yang awalnya hanya ditemui di Amerika ini berkembang sangat pesat. Pizza Hut sekarang dapat dijumpai hampir di berbagai belahan dunia. Restoran ini pun juga menjadi tujuan utama bagi para pecinta pizza.

4. McDonald's
McDonald's
[lihat.co.id] - McDonald's (di Indonesia terkenal dengan nama McD, dibaca "MEK-di"), merupakan salah satu restoran cepat saji yang paling terkenal, serta terbesar di dunia, yang menempati peringkat Top 10 sebanyak 27 kali berturut selama kurun waktu 29 tahun. Menu utama dari McDonal's adalah hamburger, namun mereka juga menyajikan minuman ringan, softdrink, nugget, kentang goreng, ayam goreng, juga hidangan-hidangan lokal di mana lokasi tempat restoran tersebut berada.

McDonald's pertama kali didirikan pada tahun 1940 oleh Dick dan Mac McDonald, namun dibeli oleh Ray Kroc dan kemudian diperluaskan ke seluruh dunia.

Sampai pada tahun 2004, McDonald's sudah memiliki 30.000 rumah makan di seluruh dunia, dengan jumlah rata-rata 50.000 orang pengunjung per hari dan masing-masing 1.700 orang per harinya.

5. Sonic
Sonic
[lihat.co.id] - Sejak dibuka pada tahun 1953, hingga saat ini restoran drive in ini tetap konsisten pada konsep awalnya. Pada awalnya, Restoran Sonic menyajikan hamburger dan root beer, tetapi sekarang menawarkan wraps, smoothies, dan menu-menu klasik tradisional dari Amerika. Dengan cabang yang sudah tersebar di dunia yang jumlahnya sekarang hingga 3350 unit restoran, pendapatan per unit restoran rata-rata lebih dari US$1 juta per tahunnya.

6. KFC (Kentucky Fried Chicken)
KFC (Kentucky Fried Chicken)
[lihat.co.id] - KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken), merupakan perusahaan dagang waralaba dari Yum! Brand, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Pertama kali didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC sangat terkenal, terutama karena ayam gorengnya, yang biasanya disajikan dalam bucket. Col. 

Sanders mulai menjual ayam gorengnya di pom bensin miliknya pada tahun 1939 di Corbin, Kentucky, pada masa krisisnya ekonomi, dan selanjutkan dipindahkan di sebuah motel.

Hampir 80 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2009, resep aslinya masih digunakan di lebih dari 11.000 restoran di seluruh dunia.

7. Domino's Pizza
Domino's Pizza
[lihat.co.id] - Restoran yang didirikan pada tahun 1960 ini, didirikan dengan modal sekitar $500. Pada tahun 2005, restoran pizza ini mempunyai pendapatan US$5,1 miliyar dan mereka mengklaim telah menjual lebih dari 400 juta pizza. Dengan kesuksesannya tersebut, Domino's Pizza telah menjadi Top 10 Restoran Terbesar Di Dunia selama 9 kali berturut-turut.

8. Arby's
Arby's
[lihat.co.id] - Restoran waralaba makanan siap saji yang pertama kali dibuka pada tahun 1964 ini, didirikan oleh Forrest dan Leroy Raffle. Nama restoran ini diambil dari nama mereka sendiri, R.B. (Raffle Brothers). Restoran ini juga merupakan restoran pertama yang dibuka di kawasan Boardman, Ohio, pada tanggal 23 Juli 1964.
Hingga saat ini, ada lebih dari 3400 cabang Arby's yang tersebar di seluruh dunia.

Hingga sekarang ini, restoran Arby's terus bertahan dari menu makanan cepat saji tradisionalnya dengan menawarkan menu baru, seperti salad.

9. Baskin-Robbins
Baskin-Robbins
[lihat.co.id] - Sejak restoran es krim ini dibuka pada tahun 1945, Baskin-Robbins telah memperkenalkan lebih dari 1000 rasa jenis es krim. Dengan lebih dari 5800 cabang Bakin-Robbins di lebih dari 34 negara, Baskin-Robbins merupakan jaringan toko es krim terbesar di dunia.

10. Taco Bell
Taco Bell
[lihat.co.id] - Restoran yang menyediakan makanan khas Meksiko ini, mengklaim telah menjual lebih dari 2 milyar buah taco (makanan khas Meksiko) dan 1 miliyar burrito (makanan khas Meksiko), setiap tahunnya. Hingga saat ini, Taco Bell sudah memiliki 5800 cabang waralaba yang tersebar hampir di seluruh dunia, dengan pendapatan US$4,4 miliyar setiap tahunnya.

Related Posts: 10 Restoran yang Memiliki Cabang Terbanyak di Dunia

Blog Archive