7 Pemain Gitaris Blues Terbaik Sepanjang Sejarah Musik

Mata Internet Dunia: 7 Pemain Gitaris Blues Terbaik Sepanjang Sejarah Musik -
7 Pemain Gitaris Blues Terbaik Sepanjang Sejarah Musik
Blues adalah nama yang diberikan untuk kedua bentuk musik dan genre musik yang diciptakan terutama dalam Masyarakat Afrika-Amerika di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dari lagu rohani , lagu kerja , hollers lapangan , teriakan, dan narasi sederhana berirama balada . 

The blues di mana-mana... dalam bentuk jazz , R&B , dan rock n roll dicirikan oleh kord progresif tertentu dengan dua belas bar akord miring progresi yang paling umum dengan nada miring, mencatat bahwa untuk tujuan ekspresif yang dinyanyikan atau dimainkan secara bertahap rata atau menekuk (minor 3 untuk 3 major) sehubungan dengan lapangan dari major scale.

Berikut 10 Pemain Gitaris Blues Terbaik Sepanjang Sejarah Musik:

1.James Marshall "Jimi" Hendrix 
James Marshall "Jimi" Hendrix
(lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat, 27 November 1942 – meninggal di London, Inggris, 18 September 1970 pada umur 27 tahun) adalah musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris dan tokoh budaya Amerika. Ia sering disebut sebagai salah satu pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik.

2.Eric Clapton
Eric Clapton
Erris Patrick Clapton CBE (lahir di Ripley, Surrey, England, 30 Maret 1945; umur 68 tahun), julukan: "Slowhand", adalah gitaris sekaligus penyanyi, pencipta lagu, dan komponis asal Inggris yang pernah memenangi Grammy Award. 

Sebagai salah seorang musisi paling sukses pada abad ke-20 dan abad ke-21, namanya diabadikan di museum Rock and Roll Hall of Fame sebanyak 3 kali (sebagai personel The Yardbirds, Cream, dan sewaktu berkarier solo).

Sepanjang kariernya, Clapton dikenal memiliki gaya bermusik yang sangat bervariasi, namun semuanya berakar dari blues. Selain itu, nama Clapton dicatat dalam sejarah musik sebagai pencetus aliran blues-rock (bersama John Mayall & the Bluesbreakers dan The Yardbirds) serta psychedelic rock (sewaktu bersama grup musik Cream).

3.Gary Moore
Gary Moore
Nama Lengkap : Gary Moore
Tempat & Tgl Lahir : Belfast (Irlandia Utara), 4 April 1952
Gitar Yang Digunakan : Hamer, Gibson Les Paul, Fender Stratocaster
Gaya Permainan : Hard Rock dan Blues Rock
Grup Band Sebelumnya : Skid Row
 
Gary Moore adalah salah satu gitaris hard rock yang berpindah haluan ke blues. Bila dibandingkan dengan kebanyakan gitaris blues rock yang lain, Gary bisa dibilang adalah salah satu yang terbaik dalam pemilihan nada.

Nada-nada yang dihasilkan sangat penuh dengan emosi, dengan dipadukan sedikit teknik gitar virtuoso. Relatif tak dikenal di Amerika, namun permainannya sungguh luar biasa, permainannya juga banyak mengilhami gitaris-gitaris yang lebih muda seperti Paul Gilbert (Racer-X), Jake E. Lee, Vivian Campbell (Def Leppard), Richie Kotzen, Pay, dll.

4.B.B King
B.B King
BB King semula adalah pemusik blues yang hingga awal tahun 1960-an hanya dikenal terbatas dikalangan warga kulit hitam. Yang berjasa memperkenalkan BB King pada audiens anak-anak muda kulit putih dan audiens di dunia luar yang lebih luas, menariknya, adalah grup legendaris rock and roll asal Inggris, The Rolling Stones. 

Memang para personel The Rolling Stones, terutama Mick Jagger dan Keith Richard, adalah pencinta musik blues Amerika. Pada tahun 1969, The Rolling Stones meminta idolanya BB King untuk membuka 18 konser mereka di berbagai tempat di Amerika Serikat.

Riley B King atau BB King dilahirkan 16 September 1925 di Itta Bena, Mississippi, dekat kawasan Indianola. Masa belianya dimulai dengan mengamen. Terkadang dalam semalam, ia bermain di beberapa tempat. Pada 1974, BB menumpang hidup di Memphis demi mengejar karier musiknya. 

Memphis merupakan wilayah berpengaruh bagi komunitas pemusik Selatan, yang mendukung penemuan karya musik terluas dari segala gaya Afrika Amerika.

5.Brian May
Brian May
Brian May lahir di Inggris pada tanggal 19 Juli 1947 dengan nama lengkap Brian Harold May. Selain musikus, dia juga adalah seorang astrofisikawan.

Seorang yang lebih dari sekadar pemain gitar. Dia adalah juga seorang pemain piano, produser, komposer, dan juga pencipta lagu. Perjalanannya bersama Queen dimulai sejak tahun 1969. Bergabung bersama Roger Taylor dan Freddie Mercury kemudian menyusul John Deacon, sepakat membentuk band beraliran heavy metal pada tahun itu. 

Dari sinilah 22 hits lahir dari kreativitas seorang Brian May dalam Queen. Di antara karyanya yang melegenda adalah lagu “We Will Rock You”, “The Show Must Go On”, “I Want It All”, “Who Wants To Live Forever”, dan “Save Me”.

Pada tahun 2005, Planet Stone menobatkan dirinya sebagai  gitaris ketujuh terbesar sepanjang masa. Wajar saja, jika hingga kini pun lagu dan gaya bermusiknya terus mempengaruhi generasi baru musik dunia. Sederet nama beken seperti Robbie Williams, Foo Fighters, Cliff Richard, Guns N ‘Roses, Diana Ross, dan Luciano Pavarotti pernah merasakan tangan dingin Brian.

6.Ritchie Blackmore
Ritchie Blackmore
Richard Hugh "Ritchie" Blackmore (lahir 14 April 1945; umur 68 tahun) adalah seorang gitaris dan penyanyi berkebangsaan Inggris. Dia merupakan anggota dari grup musik Deep Purple dan Rainbow. Dia dilahirkan di Weston-super-Mare. Dia berkarier di dunia musik sejak tahun 1960.

7.Santana
Santana
Carlos Augusto Alves Santana (lahir 20 Juli 1947) merupakan seorang gitaris berkebangsaan Meksiko yang memenangkan nominasi Grammy Award. Dia merupakan anggota dari grup musik Santana. Dilahirkan di Autlán de Navarro. Dia berkarier di dunia musik sejak tahun 1966.

Related Posts: 7 Pemain Gitaris Blues Terbaik Sepanjang Sejarah Musik

Blog Archive