10 Tragedi Perang Terpendek Sepanjang Sejarah

Mata Internet Dunia: 10 Tragedi Perang Terpendek Sepanjang Sejarah -
10 Tragedi Perang Terpendek Sepanjang Sejarah
Sejak jaman dahulu, manusia telah mengenal perang... Tampaknya, tak ada tahun tanpa berperang pada jaman dahulu.

Perang yang berlansung bertahun-tahun memakan korban yang banyak pula... Tapi ada juga perang tersingkat yang pernah terjadi sepanjang masa.. Ini dia.. (belum termasuk perang yang berakhir dengan gencatan senjata ataupun perang kemerdekaan, atau perang dunia pertama dan kedua):

10. Falklands War - 42 hari
Falklands War - 42 hari
Tahun berlangsungnya: 1982
Antara: Argentina vs Inggris
Hasil: Inggris menang

Perang Falklands telah bermula pada tahun 1982 antara Argentina dan Inggris atas Kepulauan Falkland yang disengketakan, Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan. 

Kepulauan Falkland terdiri dari dua pulau besar dan kecil banyak di Samudera Atlantik Selatan timur dari Argentina, dan nama mereka dan kepemilikan telah lama diperdebatkan.

Perang ini dipicu oleh pendudukan Georgia Selatan oleh Argentina pada 19 Maret 1982 diikuti dengan pendudukan Falklands, dan berakhir ketika Argentina menyerah pada tanggal 14 Juni 1982. 

Perang itu tidak benar-benar dinyatakan oleh kedua belah pihak. Invasi awal dianggap oleh Argentina sebagai pendudukan kembali dari wilayahnya sendiri, dan oleh Inggris sebagai invasi sebuah wilayah luar negeri Inggris, dan invasi terbaru dari wilayah Inggris oleh kekuatan asing. Efek politik perang yang kuat di kedua negara. 

Gelombang sentimen patriotik menyapu melalui kedua: hilangnya Argentina memicu protes lebih besar terhadap pemerintah militer, yang mempercepat kejatuhannya, di Inggris, pemerintah Perdana Menteri Margaret Thatcher didukung. Ini membantu pemerintah Thatcher untuk kemenangan dalam pemilihan umum tahun 1983, yang sebelum perang dipandang sebagai tidak pasti.

9. Polish - Lithuanian War - 37 Hari
Polish - Lithuanian War - 37 Hari
Tahun berlangsungnya: 1920
Antara: Republik Polandia kedua vs Lithuania
Hasil: Polandia menang

Perang ini berlangsung tidak lama setelah kedua negara telah kembali kemerdekaan mereka. Itu adalah bagian dari konflik yang lebih luas atas kota-kota yang disengketakan Vilnius, Suwa ki dan Augustów. 

Polandia mengklaim kemenangan dan menandatangani perjanjian untuk menghentikan permusuhan, namun mengingkari lama setelah dan menciptakan negara boneka Republik Lithuania Tengah.
 
Berpusat di sekitar ibukota sejarah Grand Duchy of Lithuania, Vilnius, negara berumur pendek dan tidak mendapatkan pengakuan internasional. Selama delapan belas bulan entitas menjabat sebagai negara penyangga antara Polandia, di mana itu tergantung, dan Lithuania, yang diklaim daerah. 

Akhirnya, pada tanggal 24 Maret 1922, menyusul pemilihan umum yang diselenggarakan di sana, itu dianeksasi ke Polandia. Pemilu tidak diakui oleh Republik Lithuania.

8. Second Balkan War - 32 Hari
Second Balkan War - 32 Hari
Tahun berlangsungnya: 1913
Antara: Bulgaria vs Yunani, Serbia, Montenegro, Romania, Kekaisaran Ottoman
Hasil: Kekalahan Bulgaria

Perang Balkan Kedua berlangsung pada tahun 1913 antara Bulgaria di satu sisi dan Perang Balkan Pertama  bersekutu dengab Yunani dan Serbia di sisi lain, dengan Rumania dan Kekaisaran Ottoman intervensi melawan Bulgaria. 

Hasilnya ternyata Serbia, sekutu Kekaisaran Rusia, menjadi kekuatan regional yang penting, mengkhawatirkan Austria-Hungaria dan dengan demikian secara tidak langsung memberikan penyebab penting untuk Perang Dunia I.
 
Meskipun menstabilkan depan di Makedonia, penerimaan pemerintah Bulgaria terhadap gencatan senjata didorong oleh peristiwa jauh dari Makedonia. Romania menyerbu pada 27 June/10 Juli, menduduki Dobruja Selatan dipertahankan dan berbaris melalui utara Bulgaria mengancam Sofia. 

Kekaisaran Ottoman juga mengambil keuntungan dari situasi untuk memulihkan beberapa bekas milik mereka di Thrace termasuk Adrianopel (yang ditinggalkan Bulgaria pada tanggal 23 Juli tanpa menembakkan tembakan). 

Bulgaria kehilangan sebagian besar wilayah yang diperoleh dalam Perang Balkan Pertama termasuk Dobrudja selatan (ke Rumania), sebagian besar dari Macedonia, dan Timur Thrace (ke Ottoman), sementara tetap mempertahankan Thrace Barat, yang Aegean outlet, dengan pelabuhan Dedeagach. 

Permukiman batas dari Perjanjian Bucharest dan Konstantinopel hanya sementara, sepuluh bulan kemudian pertempuran diperbaharui dengan dimulainya Perang Dunia Pertama.

7. Greco-Turkish War - 30 Hari
Greco-Turkish War - 30 Hari
Tahun berlangsungnya: 1897
Antara: Yunani vs Kekaisaran Ottoman
Hasil: Kekalahan Yunani

Perang Yunani-Turki tahun 1897, juga disebut Perang Tiga Puluh Hari ', adalah perang antara Yunani dan Kekaisaran Ottoman, di bawah penguasa yang Sultan Abdul Hamid. Penyebab langsung yang adalah kekhawatiran Yunani atas situasi di Kreta, di mana penduduk Yunani masih di bawah kendali Ottoman.
 
Pada akhir 1896 pemberontakan pecah di Kreta, dan pada 21 Januari 1897 tentara Yunani mendarat di Kreta untuk menyatukan pulau dengan Yunani. Kekuatan Eropa, Namun, campur tangan, dan menyatakan Kreta sebuah protektorat internasional. 

Ottoman mengalahkan Yunani dalam beberapa minggu. Mereka dicegah menjaga penaklukan mereka dengan intervensi kekuatan Eropa tapi Yunani harus membayar ganti rugi yang besar. 

Perang ini adalah konflik hanya antara Yunani dan Turki di abad di mana Yunani dipaksa untuk menyerahkan lahan ke Turki. Beberapa kredit untuk keberhasilan tentara Ottoman dalam perang ini diberikan kepada reformasi diberlakukan oleh Baron Pasha Jerman von der Goltz.

6. Sino-Vietnamese War - 27 Hari
Sino-Vietnamese War - 27 Hari
Tahun berlangsungnya: 1979
Antara: China vs Vietnam
Hasil: Kedua pihak memperoleh kemenangan

Perang Sino-Vietnam atau Perang Indochina Ketiga adalah perang perbatasan singkat tapi pertempuran yang berdarah di 1979 antara Republik Rakyat Cina (RRC) dan Republik Sosialis Vietnam. 

RRC meluncurkan serangan terutama dalam menanggapi invasi Vietnam dan pendudukan berikutnya Kamboja, perang yang mengakhiri pemerintahan RRC yang didukung Pol Pot Khmer Merah.

Setelah serangan singkat ke Vietnam Utara, tentara RRC mundur sekitar sebulan kemudian. Kedua belah pihak mengklaim kemenangan. Warisan dari perang berlangsung, terutama di Vietnam. Orang Cina menerapkan efektif "kebijakan pembumi hangusan" sambil mundur kembali ke China. 

Mereka menyebabkan kerusakan yang luas untuk pedesaan Vietnam dan infrastruktur, melalui penghancuran desa Vietnam, jalan, dan rel kereta api.

5. Georgian-Armenian War - 24 Hari
Georgian-Armenian War - 24 Hari
Tahun berlangsungnya: 1918
Antara: Georgia vs Armenia
Hasil: Reksa administrasi daerah yang disengketakan

Perang Georgia-Armenia adalah perang pertempuran perbatasan di tahun 1918 antara Republik Demokratik Georgia dan Republik Demokratik Armenia atas bagian itu provinsi yang disengketakan Lori, Javakheti, dan Borchalo kabupaten, yang telah historis Dwibudaya Armenia-Georgia wilayah, namun sebagian besar dihuni oleh Armenia pada abad ke-19.

Pada akhir Perang Dunia I beberapa wilayah yang diduduki oleh Ottoman. Ketika mereka meninggalkan wilayah tersebut, baik Georgia dan Armenia mengklaim kontrol. Perselisihan tersebut berubah menjadi bentrokan bersenjata pada tanggal 7 Desember 1918. 

Permusuhan terus dengan berbagai keberhasilan sampai dengan 31 Desember ketika gencatan senjata yang ditengahi Inggris ditandatangani, meninggalkan bagian yang disengketakan Borchalo kabupaten di bawah pemerintahan Georgia-Armenia bersama yang berlangsung sampai pembentukan pemerintahan Soviet di Armenia pada tahun 1920.

4. Serbo-Bulgarian War - 14 Hari
Serbo-Bulgarian War - 14 Hari
Tahun berlangsungnya: 1885
Antara: Kerajaan Bulgaria vs Kerajaan Serbia
Hasil: Kemenangan Bulgaria

Perang Serbia-Bulgaria adalah perang antara Serbia dan Bulgaria yang meletus pada tanggal 14 November 1885 dan berlangsung hingga 28 November tahun yang sama. Perdamaian secara final ditandatangani pada tanggal 19 Februari 1886 di Bucharest. Sebagai hasil dari perang, negara-negara Eropa mengakui tindakan Unifikasi Bulgaria yang terjadi pada tanggal 6 September 1885.

 Pada tanggal 28 November duta Wina di Belgrade, count Kevenhueller-Metsch, mengunjungi markas besar Angkatan Darat Bulgaria dan menuntut menghentikan tindakan militer, mengancam yang lain pasukan Bulgaria akan bertemu dengan Austria-Hungaria tentara. 

Kemenangan Bulgaria di medan perang memainkan peran utama dalam mempertahankan penyatuan Bulgaria. Mereka menyebarkan nama Bulgaria dan hormat terhadap diresapi bersatu Bulgaria atas nama tetangganya.

3. India-Pakistani War - 13 Hari
India-Pakistani War - 13 Hari
Tahun berlangsungnya: 1971
Antara: India vs Pakistan
Hasil: Bangladesh menjadi negara sendiri

Perang India-Pakistan tahun 1971 merupakan konflik besar antara India dan Pakistan. Perang sangat erat kaitannya dengan Bangladesh Liberation War (kadang-kadang juga disebut sebagai Perang Sipil Pakistan). Bangladesh pembebasan perang adalah konflik antara Pakistan Barat tradisional dominan dan mayoritas Timur Pakistan.
 
Perang dinyalakan setelah pemilihan 1.970 Pakistan, di mana Timur Pakistan Liga Awami memenangkan 167 dari 169 kursi di Pakistan Timur, sehingga mengamankan mayoritas sederhana di rumah 313 kursi majelis rendah di parlemen Pakistan. Ada argumen tentang tanggal yang tepat dari perang. 

Namun, konflik bersenjata di bagian depan barat India selama periode antara 3 Desember 1971 dan 16 Desember 1971 disebut Perang Indo-Pakistan baik oleh Bangladesh dan tentara India. Perang berakhir dengan kekalahan bagi militer Pakistan dalam dua minggu.

2. 6 Days War - 6 Hari
6 Days War - 6 Hari
Tahun berlangsungnya: 1967
Antara: Israel vs Mesir, Syria, Jordan, Iraq
Hasil: Kemenangan Israel

Setelah ancaman Israel terhadap sekutu Suriah nya, Mesir mengumpulkan 1000 tank dan 100.000 tentara di perbatasan Semenanjung Sinai, menutup Selat Tiran untuk semua kapal terbang bendera Israel atau membawa bahan strategis, dan menyerukan tindakan Arab bersatu melawan Israel.
 
Pada tanggal 5 Juni 1967, Israel meluncurkan serangan terhadap angkatan udara Mesir. Jordan kemudian menyerang Barat Yerusalem dan Netanya. Pada akhir perang, Israel telah menguasai Yerusalem Timur, Jalur Gaza, Semenanjung Sinai, Tepi Barat, dan Dataran Tinggi Golan. 

Hasil dari perang mempengaruhi geopolitik daerah untuk hari ini. Secara keseluruhan, wilayah Israel tumbuh dengan faktor 3, termasuk sekitar satu juta orang Arab ditempatkan di bawah kendali langsung Israel di wilayah-wilayah yang baru ditangkap. 

Kedalaman strategis Israel tumbuh setidaknya 300 kilometer di selatan, 60 kilometer di timur dan 20 kilometer dari medan sangat kasar di utara, aset keamanan yang akan berguna dalam Perang Arab-Israel 1.973 enam tahun kemudian.

1. Anglo-Zanzibar War - 45 Menit
Anglo-Zanzibar War - 45 Menit
Tahun berlangsungnya: 1896
Antara: Kerajaan Inggris vs Zanzibar
Hasil: Kemenangan Inggris

Perang Anglo-Zanzibar terjadi antara Inggris dan Zanzibar pada 27 Agustus 1896. Dengan durasi hanya 45 menit, memegang rekor sebagai perang terpendek dalam sejarah. 

Perang pecah setelah Sultan Hamad bin Thuwaini, yang rela bekerja sama dengan pemerintahan kolonial Inggris, meninggal pada tanggal 25 Agustus 1896, dan keponakannya, Khalid bin Bargash, merebut kekuasaan dalam apa sebesar kudeta.

Inggris disukai kandidat lain, Hamud bin Muhammed, yang mereka yakini akan menjadi lebih mudah untuk bekerja dengan, dan menyampaikan ultimatum memesan Bargash untuk turun tahta. Bargash menolak. 

Sementara pasukan Bargash yang ditetapkan untuk memperkuat istana, Royal Navy dirakit lima kapal perang di pelabuhan di depan istana. 

The British juga mendarat pihak Royal Marinir untuk mendukung "loyalis" tentara reguler dari Zanzibar. Meskipun menit terakhir Sultan upaya untuk perundingan perdamaian melalui perwakilan AS di pulau itu, Royal Navy kapal menembaki istana pukul 9 pagi pada tanggal 27 Agustus 1896 sebagai segera setelah ultimatum habis.

 Dengan istana jatuh di sekelilingnya dan korban meningkat, Bargash memukul mundur tergesa-gesa ke konsulat Jerman di mana ia diberikan suaka. 

Penembakan berhenti setelah 45 menit. Inggris menuntut agar Jerman menyerahkan Sultan bekas kepada mereka, tetapi ia melarikan diri ke laut pada tanggal 2 Oktober 1896. Dia tinggal di pengasingan di Dar es Salaam sampai ditangkap oleh Inggris pada 1916. Dia kemudian diizinkan untuk tinggal di Mombasa di mana ia meninggal pada tahun 1927.

Sebagai tindakan terakhir, Inggris menuntut pembayaran dari pemerintah Zanzibar untuk membayar peluru yang ditembakkan pada negara.

Related Posts: 10 Tragedi Perang Terpendek Sepanjang Sejarah

Blog Archive