9 Hal Luar Biasa seputar Kereta Api di Dunia

Mata Internet Dunia: 9 Hal Luar Biasa seputar Kereta Api di Dunia -
9 Hal Luar Biasa seputar Kereta Api di Dunia
Kereta api adalah alat transportasi istimewa karena mereka memiliki jalur tersendiri yang hanya bisa dilewati satu rangkaian gerbong saja di waktu bersamaan. Saking istimewanya, banyak kendaraan lain yang harus mengalah saat kereta api lewat.

Tahukah kamu kalau rupanya di seluruh dunia ini ada jalur-jalur kereta api yang begitu unik dan luar biasa. Dibilang unik karena mereka melintasi kawasan yang sangat menakjubkan dan tak terpikirkan.

Seperti apa saja ya? Dilansir oddee.com Berikut 9 Hal Luar Biasa seputar Kereta Api di Dunia:

1. Terowongan Cinta - Ukraina
Terowongan Cinta - Ukraina
Terowongan cinta adalah sebuah obyek indah yang bisa kamu temukan di Klevan, Ukraina. Jalur kereta api ini ada sepanjang 3 kilometer yang menuju pabrik papan fibre. Kereta melintasi jalur ini tiga kali sehari dan mengirimkan kayu ke pabrik. 

Dominasi warna hijau di terowongan ini disebabkan oleh pepohonan yang dianggap sebagai lokasi romantis bagi para fotografer dan pasangan kekasih. Disebutkan bahwa pasangan kekasih yang berkunjung ke terowongan cinta dan membuat permohonan, itu akan terwujud.

2. Lintasi Bandara - Selandia Baru
Lintasi Bandara - Selandia Baru
Jalur kereta api dari Napier ke Gisborne sangatlah unik karena melewati jalur lepas landas utama di bandara Gisborne. 

Kereta yang akan lewat harus meminta ijin ke menara kontrol bandara jika akan melewati landasan pacu dan melewati jalur lepas landas pesawat terbang. Saat kamu mendarat di bandara ini, kamu akan melihat ada kereta api yang tiba-tiba melintas dan bukan hal yang aneh.

3. Jalur ke Awan - Argentina
Jalur ke Awan - Argentina
The Tren a las Nubes (bisa diterjemahkan kereta ke/dari awan) adalah sebuah pelayanan kereta wisata di provinsi Salta, Argentina.  Jalur ini menghubungkan bagian barat laut Argentina dengan perbatasan Chile di pegunungan Andes. 

Dengan ketinggian 4.220 meter di atas permukaan laut, ini adalah jalur kereta tertinggi nomor 3 di dunia. Kamu akan diajak melintasi 29 jembatan, 21 terowongan, 13 viaduk, 2 jalur spiral dan 2 jalur zig zag yang dirancang melewati lokasi curam menegangkan.

4. Jalur Terpanjang - Rusia
Jalur Terpanjang - Rusia
Kereta api Trans-Siberia adalah jalur kereta api yang menghubungkan Moskow dengan kawasan timur jauh Rusia dan laut Jepang. Jalur ini adalah jalur kereta api paling panjang di dunia yang menghubungkan Mongolia, China dan Korea Utara.

5. Melewati Pasar - Thailand
Melewati Pasar - Thailand
Pasar makanan di Maeklong, Thailand berada di atas rel kereta api. Bahkan beberapa kali sehari para pemilik toko dengan cepat mengemasi barang mereka dan bergerak minggir saat kereta lewat. 
Melewati Pasar - Thailand
Setelah kereta lewat, mereka mengembalikan makanan dan barang dagangan ke tempat semula. Sungguh melelahkan.

6. Menembus Gunung - Swiss
Menembus Gunung - Swiss
Area terbesar dari dataran Swiss adalah pegunungan. Sebelum abad ke-19, jalur transportasi di kawasan itu sangat sulit. Jadi para insinyur kereta api di Swiss saat itu harus inovatif, imajinatif, dan berani membangun jalur kereta api di pegunungan. 

Tak hanya sulit membangun jalurnya, mereka juga harus memikirkan fasilitas jembatan dan terowongan untuk menembus gunung. Hal ini membuat Swiss sebagai salah satu negara yang memiliki jalur kereta api paling efisien.

7. Di Antara Pegunungan - Amerika Serikat
Di Antara Pegunungan - Amerika Serikat
The Georgetown Loop Railroad adalah salah satu obyek wisata Colorado semenjak 1884. Kota-kota pertambangan Georgetown dan Silver Plume terpisahkan oleh lembah curam dan tebing sempit sejauh 2 mil. Sehingga dibangun begitu susah sampai titik tertinggi mencapai 600 kaki. Tentunya menjadi salah satu lokasi paling mengerikan juga ya.

8. Jalur Kematian - Thailand
Jalur Kematian - Thailand
Jalur kereta api Burma juga disebut sebagai jalur kereta api kematian. Berjajar sepanjang 415 kilometer antara Bangkok - Thailand dan Rangoon - Myanmar. 
Jalur Kematian - Thailand
Lebih dari 90 ribu pekerja dan 16 ribu tawanan perang meninggal selama pembangunan jalur ini. Selain itu julukan itu juga diberikan karena kereta berjalan di samping sisi tebing terjal dan melewati jembatan kayu reyot.

9. Di Bawah Pohon Ceri - Korea Selatan
Di Bawah Pohon Ceri - Korea Selatan
Korea Selatan memiliki banyak sekali lokasi cantik yang tentunya membuat salah satu dari kamu begitu ingin berada di sana. Salah satunya adalah jalur kereta api yang melewati jajaran 340 ribu pohon ceri di kawasan Jinhae. 

Ketika musim semi, jalur ini akan dipenuhi kelopak bunga dan dedaunan cantik yang jatuh sangat lembut. Stasiun Gyeonghwa, di mana jalur berada adalah obyek wisata populer.

Related Posts: 9 Hal Luar Biasa seputar Kereta Api di Dunia

Blog Archive