7 Kejadian Alam Mengagumkan yg hanya terjadi di Musim Dingin

Mata Internet Dunia: 7 Kejadian Alam Mengagumkan yg hanya terjadi di Musim Dingin -
Ketika musim dingin tiba, di bagian dunia yang memiliki lebih dari dua musim akan mengalami hujan salju dan perubahan suhu yang sangat drastis.

Di saat seperti inilah, banyak hal-hal unik terjadi di dunia. Hal-hal unik tersebut seperti dilansir LiveScience berikut ini:

1. Alkohol dan soda mencair
[lihat.co.id] - Tahukah Anda, di cuaca yang dinginnya ekstrim, soda dan minuman beralkohol akan mencair.

Coba saja ambil soda atau minuman beralkohol, masukkan ke dalam botol yang tertutup rapat, dan biarkan di dalam salju selama beberapa hal. Ketika Anda membuka dan melihatnya, Anda akan melihatnya semakin cair dan bentuknya seperti lumpur.

Umumnya, air murni akan membeku pada suhu 0 derajat celcius. Namun, bahan-bahan yang ditambahkan soda atau alkohol akan menurunkan titik beku, sehingga malah membuat minuman bersoda atau beralkohol mencair seperti lumpur.

2. Air mendidih berubah menjadi salju
[lihat.co.id] - Bermain-mainlah dengan air panas dalam kondisi cuaca yang dingin. Lemparkan ia pada udara dan Anda akan mengamatinya berubah menjadi udara kering.

Dalam suhu tertentu, air tersebut kemudian akan menjadi salju.

"Jadi, uap tersebut menempel sebagai partikel mikroskopis di udara, seperti natrium dan kalsium ia akan membentuk kristal," demikian ungkap Mark Seeley, seorang ahli iklim di University of Minnesota.

3. Ban bundar berubah jadi persegi
[lihat.co.id] - Di suhu yang sangat dingin, mobil benar-benar harus dipanaskan sebelum Anda bisa berkendara. Di Antartika misalnya, ban mendadak berubah bentuknya menjadi persegi ketika terkena suhu yang amat dingin.

Anda harus memanaskannya terlebih dahulu agar kendaraan bisa dipakai.

4. Gempa es
[lihat.co.id] - Gempa es biasanya menyerang ketika suhu tiba-tiba berubah menjadi dingin. Gempa ini biasanya disebabkan karena pembekuan tanah yang sangat cepat dan menghasilkan keretakan serta hasil benturan yang menciptakan gempa.

Gempa es kadang-kadang mengguncang tanah, namun efeknya hanya di beberapa daerah tertentu dan jarang tertangkap pada monitor gempa.

5. Katak kayu membeku
[lihat.co.id] - Di North Carolina hingga daerah Alaska dan Kanada, semua daerah umumnya menjadi padat dan membeku selama berbulan-bulan. Hewan-hewan akan berhibernasi dan mencari lubang terhangat untuk tinggal selama musim dingin.

Namun berbeda dengan katak kayu. Sebagai hewan berdarah dingin, ia tak bisa menahan perubahan suhu ambien. Ia kemudian berevolusi dengan cara membekukan diri.

Ia memecah senyawa glikogen menjadi glukosa, dan melepaskan glukosa ke dalam aliran darah. Gula, berperilaku sebagai anti pembekuan darah, yang menjaga katak tetap hidup sekalipun membeku.

6. Gelembung beku
[lihat.co.id] - Gelembung air bisa membeku dan mendadak meledak di udara sebelum mencapai tanah. Gelembung tersebut umumnya membentuk pola kristal dan tampak seperti telur yang retak kulitnya.

7. Lidah membeku
[lihat.co.id] - New York Daily News pernah mencatat kejadian unik, di mana seorang anak berusia 12 tahun, menempelkan lidahnya di tiang bendera yang membeku. Dalam beberapa detik, lidah menempel dan ikut membeku karena suhunya telah berubah.

Maddie Gilmartin, kemudian berusaha dibantu oleh orang tuanya agar tidak menempel lagi pada tiang, namun gagal. Akhirnya mereka memanggil paramedis dan dan membantu melepaskan lidah Maddie dari tiang.

Dalam waktu enam bulan, lidah Maddie perlahan mencair dan tidak bengkak lagi.

Related Posts: 7 Kejadian Alam Mengagumkan yg hanya terjadi di Musim Dingin

Blog Archive