10 Transfer Pemain Sepakbola yang paling Menguntungkan di Dunia

Mata Internet Dunia: 10 Transfer Pemain Sepakbola yang paling Menguntungkan di Dunia -
10 Transfer Pemain Sepakbola yang paling Menguntungkan di Dunia
Dalam era sepakbola modern saat ini, uang menjadi faktor penting dalam kemajuan sebuah klub. Maka, tak heran apabila banyak klub berlomba-lomba mengembangkan brand klubnya di luar Eropa dengan tujuan untuk memperluas jaringan pemasaran merchandise-nya.


Selain itu, ada cara lain yang juga bisa digunakan untuk mencari keuntungan yang besar, yaitu menjual pemain bintangnya. Para pemain tersebut kadang sebelumnya berstatus pemain biasa saja. Akan tetapi, ia kemudian berkembang menjadi pemain kelas dunia. Saat itulah harganya melonjak setinggi langit. Pihak klub pun mendapatkan keuntungan besar.


Sejauh ini, sudah cukup banyak strategi seperti itu terjadi di dunia sepakbola. Lalu, klub mana sajakah yang mendapatkan keuntungan paling besar dalam menjual pemainnya? Berikut daftarnya:

10 . Lazio
Pavel Nedved
Lazio mendapatkan keuntungan besar ketika menjual Pavel Nedved ke Juventus pada tahun 2001. Gelandang asal Ceko tersebut dilepas dengan harga 36 juta pounds. 

Padahal, klub ibukota tersebut membelinya dengan harga hanya 3 juta pounds saja pada tahun 1996. Biancocelesti pun mendapatkan untung sebesar 33 juta pounds. 

9 . FC Porto
 James Rodriguez
Klub asal POrtugal ini mendapatkan untung sebesar 34 juta pounds setelah menjual James Rodriguez ke AS Monaco pada tahun 2013 ini. Padahal, sebelumnya ia dibeli dengan harga hanya 5 juta pounds saja pada tahun 2010. Ia kemudian laku dijual dengan harga 39 juta pounds.

8 . Barcelona FC
Luis Figo
Pada tahun 1995, Barca membeli Luis Figo dari klub Portugal, Sporting CP, dengan harga hanya 2 juta pounds. 

Lima tahun kemudian, mereka menjualnya ke Real Madrid dengan harga mencapai 37 juta pounds. Blaugrana pun mendapatkan profit sebanyak 35 juta pounds dari transfer yang membuat heboh dunia persepakbolaan.

7 . FC Porto
Falcao
Klub asal POrtugal ini kembali mendapatkan untung besar dalam menjual pemain. Kali ini, mereka mendapatkan keuntungan hingga 36 juta pounds setelah menjual Falcao ke Atletico Madrid pada tahun 2011 dengan harga 41 juta pounds. 

Sebelumnya, mereka membeli striker Kolombia itu dari River Plate dengan bandrol hanya 5 juta pounds saja.

6 . Internazionale
Zlatan Ibrahimovic
Klub Serie A itu mendatangkan Zlatan Ibrahimovic dari Juventus pada tahun 2006 dengan harga 22 juta pounds. Tiga tahun kemudian, mereka melegonya ke Barcelona FC dengan total transfer senilai 60 juta pounds. Perinciannya, 40 juta pounds dalam bentuk uang plus striker Samuel Eto'o. 

Jika dihitung dengan uang, maka mereka mendapatkan keuntungan senilai 38 juta pounds.

5 . Napoli
Edinson Cavani
Klub asal kota Naples ini membeli Edinson Cavani dari Palermo dengan harga 14 juta pounds pada tahun 2010 lalu. Pada tahun 2013 ini, mereka tak kuasa menahan godaan dari klub kaya asal Prancis, PSG. Mereka pun menjualnya dengan harga 55 juta pounds. 

Pundi keuangan mereka pun menggelembung sebanyak 41 juta pounds.

4 . Juventus
Zinedine Zidane
Raksasa Serie A ini berhasil mendatangkan pemain kelas dunia dalam diri Zinedine Zidane pada tahun 1996. Saat itu, mereka hanya membayar sebanyak 3 juta pounds kepada Bordeaux. 

Pada tahun 2001, Juve melepas Zizou ke Real Madrid dengan harga 46 juta pounds. Keuntungan sebanyak 43 juta pounds pun berhasil mereka kantongi.

3 . Parma
Hernan Crespo
Klub Serie A ini mendapatkan untung besar ketika melego Hernan Crespo ke Lazio pada tahun 2000. Mereka mendapat untung sebesar 42 juta pounds. 

Biancocelesti membeli penyerang asal Argentina itu dengan harga hanya 2 juta pounds dari River Plate pada tahun 1996 dan kemudian menjualnya dengan harga 44 juta pounds.

2 . AC Milan
Kaka
Rossoneri mendatangkan Kaka dari dari Sao Paulo pada tahun 2003 dengan bandrol 6 juta pounds. Pada tahun 2009, mereka melepasnya ke Real Madrid dengan bandrol tinggi, yakni 57 juta pounds. Artinya, Milan berhasil mendapatkan keuntungan sebesar 51 juta pounds.

1 . Manchester United
Cristiano Ronaldo
Siapa lagi aktor utama dalam mega-transfer United ini jika bukan Cristiano Ronaldo. Didatangkan dari Sporting CP pada tahun 2003 dengan bandrol 15 juta pounds, ia lantas menjadi pemain termahal di dunia ketika dilego ke Real Madrid pada tahun 2009. 

Nilai transfernya mencapai 80 juta pounds! Artinya, United meraup untung sangat besar, yakni mencapai 65 juta pounds!

Related Posts: 10 Transfer Pemain Sepakbola yang paling Menguntungkan di Dunia

Blog Archive