15 Jenis Mimpi dan Penjelasannya (Berdasarkan Sains)

Mata Internet Dunia: 15 Jenis Mimpi dan Penjelasannya (Berdasarkan Sains) -
15 Jenis Mimpi dan Penjelasannya (Berdasarkan Sains)
Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).

Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. 

Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Ilmu yang mempelajari mimpi disebut oneirologi.Berikut 15 Jenis Mimpi dan Penjelasannya (Berdasarkan Sains):

1.Projections
Projections
[lihat.co.id] - Mimpi adalah proyeksi dari segala sesuatu, seperti halnya kejadian di dunia nyata. Mimpi dapat berupa bayangan dari sesuatu / seseorang dimana kita bias melihat wajah mereka dan berkomunikasi dengan mereka melalui telepati. Mimpi juga dapat berupa gambaran bergerak seperti halnya kita sedang menonton film.

2.Anxiety Dreams, Nightmares
Anxiety Dreams, Nightmares
[lihat.co.id] - Mimpi jenis ini biasanya terjadi karena takut dan berakhir dengan terbangun dalam keadaan basah karena keringat dan jantung yang berdetak cukup kuat. Bisa saja hal ini merubah kehidupan nyata seseorang sebagai antisipasi dari mimpi dan mendorong diri untuk berubah.

3.Creative Dreams
Creative Dreams
[lihat.co.id] - Dalam mimpi kita bias melihat segala karya seni kita dan terkadang mempengaruhi kehidupan nyata. Beberapa penemu, penulis, artis dan musisi bias saja terinspirasi dari mimpi-mimpi mereka.

4.Color vs. Black and White Dreams
Color vs. Black and White Dreams
[lihat.co.id] - Beberapa orang merasa bahwa mimpi merupakan manifestasi dan perpindahan dari dunia hitam putih menjadi dunia penuh warna.

Namun demikian ada juga yang percaya bahwa dunia hitam putih tersebut adalah dunia mimpi sebenarnya, dan dunia mimpi yang penuh warna merupakan pengalaman yang lain lagi. Selanjutnya dipercaya juga perubahan dunia mimpi tersebut menandakan bahwa akan ada perubahan fisik.

5.Episodic or Sequence Dreams
Episodic or Sequence Dreams
[lihat.co.id] - Di jenis mimpi ini, mimpi kita seperti sebuah film, namun kita terlibat di dalamnya, dan bahkan terasa berseri dan berlanjut dari hari demi hari.

6.Flying Dreams
Flying Dreams
[lihat.co.id] - Mimpi jenis ini pernah dialami penulis dan bahkan sering. Penulis sendiri pernah mengalami fenomena di mimpi yang lain (pada bulan dan hari yang lain) dan merasa bahwa seharusnya penulis bisa terbang dengan mengarahkan telapak tangan ke tanah seperti iron man yang memiliki roket di tangan namun penulis tidak menggunakan roket dan hanya perasaan bahwa tangan penulis memiliki kemampuan meniadakan gaya gravitasi.

Bisa saja berupa perasaan memiliki kemampuan terbang, melarikan diri, dan pindah ke masa lalu maupun masa depan (time travel ability).

7.Lucid Dreams
Lucid Dreams
[lihat.co.id] - Lucid Dream berasal dari kata Lucid (Sadar) dan Dream (Mimpi). Kalau diartikan secara langsung bisa saja diartikan bahwa kita sadar bahwa kita sedang bermimpi. Oleh karena itulah kita memiliki kemampuan untuk mengendalikan alur mimpi dan bahkan menciptakan apapun yang kita inginkan di dunia tersebut.

Namun demikian walaupun kita pernah mengalami Lucid Dream, belum tentu seluruh mimpi kita adalah Lucid Dream. Perbedaan Lucid Dream dengan mimpi lainnya adalah tingkat kesadaran kita bahwa dunia yang sedang kita masuki adalah dunia mimpi. Dan kita (dalam tingkatan tertentu) sadar bahwa kita sedang bermipi.

Berhubung banyak sekali sumber yang menceritakan tentang teknik memasuki dunia mimpi yang bernama Lucid Dream, penulis ingin mencoba kembali menikmati pengalaman Lucid Dream yang sebelumnya pernah dirasakan yaitu memiliki kemampuan untuk terbang hingga lebih dari dua kali mimpi. Pengalaman memasuki Lucid Dream dan cara cepat memasuki Lucid Dream akan kami share di kesempatan atau artikel selanjutnya.

8.Precognitive or Prophetic Dreams
Precognitive or Prophetic Dreams
[lihat.co.id] - Mimpi jenis ini memungkinkan kita untuk melihat masa depan atau setidaknya meramalkan sesuatu. Memang ini hanya mimpi, tetapi pengalaman melihat anak, istri, rumah maupun kehidupan kita di masa depan dapat menjadi bentuk mimpi yang menarik.

9.Repetitive or Recurring Dreams
Repetitive or Recurring Dreams
[lihat.co.id] - Terkadang kita mengalami mimpi yang sama lagi dan lagi yang seolah-olah kita diminta untuk memahami sesuatu. Hal ini bisa saja terjadi bila alam bawah sadar kita ingin memberikan peringatan akan sesuatu hal.

10.Sexual Dreams
Sexual Dreams
[lihat.co.id] - Juga dikenal sebagai mimpi basah bagi kaum pria. Mimpi basah merupakan salah satu jenis mimpi yang dialami oleh laki-laki ketika masuk dalam masa pubertas. Di mimpi ini tentu saja kita bias melakukan apa saja terkait sex yang tidak bisa kita lakukan di dunia nyata.

11.Shared Dreams
Shared Dreams
[lihat.co.id] - Walaupun sedikit, namun ada kasus dimana pada sebuah mimpi, kita bisa bertemu seseorang dan anehnya seseorang tersebut juga dapat mengingat mimpi yang sama dengan kita yaitu bertemu dengan kita.

12.Spirit Dreams
Spirit Dreams
[lihat.co.id] - Merupakan jenis mimpi yang biasanya muncul dari mereka yang sangat kita kagumi ataupun sayangi. Bisa saja jenis mimpi ini muncul untuk memberikan arahan kepada kita bagaimana hidup di dunia atau bahkan pesan dari mereka yang sudah tiada bahwa mereka baik-baik saja di dunia selanjutnya.

13.Teaching Dreams
Teaching Dreams
[lihat.co.id] - Mimpi dapat berupa pengalaman yang membuka banyak sekali pengetahuan. Melalui mimpi kita dapat diajarkan berbagai hal dengan bantuan symbol, sinar, atau hal lain untuk meningkatkan tingkat kesadaran kita.

14.Tunnel Dreams
Tunnel Dreams
[lihat.co.id] - Di mimpi ini kita bisa memiliki pengalaman berjalan di sebuah lorong menuju sinar putih yang menyilaukan atau kebalikannya. Pada perjalanan tersebut terkadang kita mendengar bunyi percikan air atau tiupan angin. 

Kita bisa bertemu seseorang atau bahkan diri sendiri di akhir lorong. Bisa saja kita berjalan sendirian atau bersama orang lain. Kita juga bisa terbang dengan cepat atau lambat dan bahkan kita bisa mengalami emosi tersendiri dalam perjalanan mimpi ini yang terkadang memang memberikan pesan tertentu kepada kita.

15.Universal Dreams
Universal Dreams
[lihat.co.id] - Bentuk mimpi ini berhubungan dengan informasi-informasi yang kita terima oleh alam bawah sadar kita, pengalaman kita, pengalaman hidup kita serta realita kehidupan kita. Mimpi jenis ini bisa berbentuk symbol-simbol yang menggambarkan pengalaman religi yang bisa berubah di masa depan.

Related Posts: 15 Jenis Mimpi dan Penjelasannya (Berdasarkan Sains)

Blog Archive