5 Kiper Sepakbola Terunik di Dunia

Mata Internet Dunia: 5 Kiper Sepakbola Terunik di Dunia -
5 Kiper Sepakbola Terunik di Dunia
Dalam dunia sepakbola, sang striker-lah yang selalu mencuri perhatian para pencari berita karena berhasil mencetak gol-gol spektakuler, tapi bagaimana dengan para pria yang berdiri di bawah mistar?

Peran penjaga gawang kadang tidak terlalu mendapat perhatian pemirsa bola, meski sebenarnya mereka merupakan bagian penting dalam kesuksesan sebuah tim. Selama bertahun-tahun, hanya segelintir penjaga gawang yang mampu menjadi headline, entah karena kemampuan hebatnya atau ukuran fisiknya.

Beriku 5 Kiper Sepakbola Terunik di Dunia menjadi berita utama, baik karena kemampuan tak biasa yang dimilikinya atau bentuk fisiknya yang sedikit 'nyleneh'. seperti dikutip berbagai sumber:

 1 . Tertinggi 
Tertinggi
[lihat.co.id] - Kiper tertinggi dalam sejarah sepakbola tingginya mencapai 6 foot 10 inches (302 cm). Tubuh setinggi itu dimiliki oleh kiper asal Belgia, Kristof Van Hout

Sayangnya, meski berpostur tinggi menjulang, karir Van Hout kurang cemerlang. Saat ini, Van Hout bermain untuk K.R.C Genk.

Hanya satu striker yang pantas menjadi lawan Van Hout, yakni striker Elgin City, Paul Millar, yang tingginya mencapai 208 cm. Van Hout lebih pantas jadi pemain Basket, ya! 
 2 . Terpendek
Terpendek
[lihat.co.id] - Federico Valentini mungkin menjadi salah satu pemain bola yang paling tidak beruntung. Dengan tinggi hanya 165 cm, Valentini adalah kiper terpendek di jagat sepakbola. Selain itu, dia juga menjadi penjaga gawang tim nasional negara kecil bernama San Marino. Sungguh kombinasi yang tak bagus.

Karir Valentini juga gak bagus-bagus amat. Bersama klub, dia hanya bermain sebanyak 80 kali yang semuanya merupakan liga lokal di San Marino.

Sementara karir internasionalnya hanyalah bersama San Marino, itu pun hanya tampil sebanyak 11 kali. Hal tersebut menunjukkan tak berkualitasnya seorang kiper bernama Valentini yang tingginya rata-rata orang Indonesia. 
 3 . Tertua
Tertua
[lihat.co.id] - Penjaga gawang tertua yang pernah aktif di liga adalah Neil McBain. Karir McBain sebagai penjaga gawang terjadi saat dia berusia 51 tahun 120 hari.

Anehnya, McBain sebenarnya bukan penjaga gawang karena dia berposisi asli sebagai sayap untuk Manchester United, Everton dan Liverpool. Sebelumnya, McBain memulai karir sebagai pemain tahun 1914 bersama Ayr United.

Setahun setelah bergabung Watford pada tahun 1928, McBain terpaksa menjadi pemain sekaligus manajer. Setelah pensiun tahun 1931, dia tetap menjadi manajer hingga 1937.

Karir sebagai penjaga gawang ia lakoni saat menjadi manajer New Brighton di tahun 1946. Saat New Brighton menghadapi Hartlepool United, McBain terpaksa menjadi kiper karena klub tak memiliki satu orang pun penjaga gawang akibat badai cedera yang melanda. Meski begitu, New Brighton hanya kalah 3-0 dari Hartlepool United, lumayan juga Pak Tua!
 4 . Kebobolan Terbanyak
Kebobolan Terbanyak
[lihat.co.id] - Perkenalkan penjaga gawang Samoa Amerika, Nicky Salapu. Apa yang istimewa dari kiper yang memperkuat negara kecil di Selatan Samudra Pasifik ini?


Salapu adalah kiper yang pernah kebobolan hingga 31 biji gol saat timnya melakoni babak kualifikasi Piala Dunia 2012 melawan Australia di tahun 2001. Skornya sangat mencolok hingga papan skor sempat salah menyebutkan bahwa Australia menang 32-0. Dari 31 gol itu, 13 gol diborong striker Archie Thompson, yang hingga sekarang belum mampu terpecahkan rekornya di ajang internasional.


10 tahun berlalu setelah kejadian memalukan itu, Salapu kembali memperkuat Samoa. Namun kali ini, timnya hanya kebobolan 1 usai menang 2-1 atas Tonga di babak penyisihan kualifikasi untuk wilayah Oceania Piala Dunia 2014. Untung saja karir Salapu berakhir happy ending yah..
 5 . Cetak Gol Terbanyak
Cetak Gol Terbanyak
[lihat.co.id] - Sebenarnya banyak juga penjaga gawang yang mampu mencetak gol dari tempatnya berdiri. Alih-alih sebagai penjaga gawang, mereka malah kadang disebut striker.

Salah satunya Peter Schmeichel yang sering mencetak gol setelah menerima sepak pojok. Total 13 gol yang dia cetak selama karirnya sebagai penjaga gawang.

Namun penjaga gawang yang benar-benar 'sakti' bisa mencetak gol bak striker andalan adalah Rogerio Ceni, yang menghabiskan karirnya untuk satu klub, Sao Paulo di Brasil.


Ceni memulai karir profesionalnya tahun 1992 dan mencetak gol pertamanya lima tahun kemudian. Sepanjang musim 2005, pria 40 tahun ini telah mencetak 21 gol dalam 76 pertandingan di segala ajang.


Total gol yang dicetak Ceni hingga karirnya sampai sekarang, dia telah melesakkan 112 gol dalam 1090 caps. Sebuah jumlah gol yang fantastis.

Namun perlu diingat, si Ceni ini adalah ahli dalam bola mati, termasuk tendangan bebas dan penalti. Jadi tidak heran dia mampu mengumpulkan jumlah gol demikian banyak dalam 22 tahun karirnya.

Related Posts: 5 Kiper Sepakbola Terunik di Dunia

Blog Archive