5 Kunci Resolusi Serangan Amerika Serikat Ke Suriah

Mata Internet Dunia: 5 Kunci Resolusi Serangan Amerika Serikat Ke Suriah -
5 Kunci Resolusi Serangan Amerika Serikat Ke Suriah
Washington – Menteri Luar Negeri John Kerry, Menteri Pertahanan Chuck Hagel dan Kepala Staf Bersama Jenderal Martin Dempsey dicecar pertanyaaan oleh anggota Kongres seputar rencana serangan ke Suriah, Rabu (4/9/2013).

Sebagaimana diberitakan CNN, selama tiga setengah jam, ketiganya mewakili pemerintah menjawab pertanyaan mengenai ambisi Presiden AS Barack Obama menyerang Suriah.

Setidaknya, terdapat lima hal penting yang disampaikan anggota Kongres dalam forum dengar pendapat tersebut. Berikut 5 Kunci Resolusi Serangan Amerika Serikat Ke Suriah,dikutip dari Inilah:

1. Resolusi Senat atau Resolusi Rakyat
Resolusi Senat atau Resolusi Rakyat
[lihat.co.id] - Resolusi untuk melegalkan serangan terbatas ke Suriah ternyata merupakan keinginan Partai Demokrat dan Partai Republik di Senat. 

Ketua Panel dari Partai Demokrat Robert Mendez mengatakan dia dan Bob Corker menegaskan bahwa rencana penyerangan itu benar-benar merefleksikan keinginan dan kepedulian Partai Demokrat dan Partai Republik.

Ia tidak menyebutkan apakah rakyat Amerika Serikat secara umum juga menginginkan perang itu.

2. Perang Siapa?
Perang Siapa?
[lihat.co.id] - Sebagian besar politisi dari Partai Republik mengkritik Obama yang mendeklarasikan perang terhadap Suriah. Mereka menuding perang ini hanya milik Obama dan hanya untuk kepentingan kelompoknya.

Hal itu dibantah oleh John Kerry. “Saya bisa sampaikan secara sederhana bahwa anggapan itu salah. Ini merupakan perang dunia. Ini merupakan perang untuk kemanusiaan.”

3. Apa yang Terjadi Setelah Perang?
Apa yang Terjadi Setelah Perang?
[lihat.co.id] - Masalah yang harus dihadapi bukan hanya mengenai perang itu sendiri. Bukan hanya mengenai bagaimana memulainya. Tetapi, setelah serangan dilancarkan, lalu apa yang terjadi dan apa yang diharapkan.

Muncul pertanyaan, bagaimana mencegah supaya konflik itu tidak menyeret AS terlibat penuh dalan perang saudara di Suriah?

Mengenai hal ini, Kerry terdiam sejenak. Maklum saja, pertanyaan terkait hal ini datang bertubi-tubi. Apalagi di dalam draf resolusi itu masih terbuka peluang adanya keterlibatan pasukan darat di Suriah. Padahal, dalam perang terbatas ini, pemerintah diminta tidak melibatkan perang darat atau penerjunan pasukan untuk terlibat dalam perang terbuka di darat.

Kerry menjawab, keterlibatan pasukan di darat itu hanya dilakukan untuk memastikan bahwa senjata kimia yang masih tersisa tidak jatuh ke tangan orang yang salah. Ini dilakukan jika Presiden Bashar al-Assad berhasil digulingkan.

4. Obama Punya Kuasa
Obama Punya Kuasa
[lihat.co.id] - Anggapan umum yang berkembang selama dengar pendapat itu adalah Obama memiliki otoritas penuh dalam perang di Suriah tanpa adanya kewenangan Kongres. Ini berarti, kalaupun Kongres menolak resolusi perang itu, Obama akan jalan terus menyerang Suriah.

Kerry menolak menanggapi langsung anggapan tersebut meskipun ia dicecar berkali-kali. Ia menyatakan penolakan perang ini hanya akan merugikan AS di mata sekutu dan sebaliknya hanya akan menyenangkan para musuh.

Salah seorang senator yang menolak kewenangan perang Obama adalah anggota dari Partai Republik, Rand Paul dari Kentucky. Ia bahkan menyerukan AS untuk mengurangi peran militernya di dunia.
5. Ada Rahasia apa?
Ada Rahasia apa?
[lihat.co.id] - Masalah berapa banyak senjata kimia yang dimiliki Suriah masih belum terjawab dalam dengar pendapat tersebut. Sebab, pemerintah masih menyimpan rapat-rapat data yang dikumpulkan dari temuan di Suriah.

Kerry, Hagel, dan Dempsey berulang-ulang menjawab pertanyaan dengan mengatakan bahwa ia akan memberikan jawaban yang lebih lengkap di pertemuan Panitia Kerja nanti. Namun demikian, masih saja ada anggota Kongres yang melontarkan pertanyaan menukik.

Dempsey menggunakan data temuan Perancis mengenai senjata kimia di Suriah untuk menjawab pernyataan. Ia mengatakan temuan AS juga tidak jauh berbeda.

Menurut Perancis, Suriah memiliki 1.000 ton zat kimia serta beberapa ratus ton sarin. Jumlah ini cukup untuk disebarkan ke Israel, Turki, Jordania, Irak, dan lain-lain.

Related Posts: 5 Kunci Resolusi Serangan Amerika Serikat Ke Suriah

Blog Archive