13 Tim Sepakbola Terbaik di Piala Konfederasi 2013 versi Bolanet

Mata Internet Dunia: 13 Tim Sepakbola Terbaik di Piala Konfederasi 2013 versi Bolanet -
13 Tim Sepakbola Terbaik di Piala Konfederasi 2013 versi Bolanet
Perhelatan akbar Piala Konfederasi 2013 akhirnya usai setelah partai final di Maracana menobatkan Brasil sebagai kampiun. Tuan rumah sukses mencukur sang juara dunia, Spanyol dengan skor telak 3-0 di partai puncak.

Setelah nyaris dua pekan bertanding, delapan negara menyelesaikan perjalanan mereka. Dan dari partisipan Piala Konfederasi tahun ini muncul sejumlah nama yang tampil impresif sehingga layak masuk Tim Terbaik pilihan Bola.net. Siapa saja mereka? Berikut susunannya dalam formasi ofensif 4-3-3:

1. KIPER: Julio Cesar
KIPER: Julio Cesar
[lihat.co.id] - Penjaga gawang Brasil ini berperan besar dalam sukses Selecao maju ke final hingga menjadi kampiun. Salah satu momen penyelamatan terbaiknya di turnamen ini mungkin adalah ketika ia menggagalkan penalti Diego Forlan dalam kemenangan 2-1 atas Uruguay di semifinal.

2. BEK KIRI: Dani Alves
BEK KIRI: Dani Alves
[lihat.co.id] - Konsisten dalam membantu serangan namun tetap solid dalam bertahan, Dani Alves menjadi salah satu pilar ketangguhan Brasil di turnamen ini. Tampil 90 menit di kelima laga Selecao, ia juga memberi satu assist saat Brasil mengalahkan Jepang 3-0 di laga pertama grup.

3. BEK TENGAH: Sergio Ramos
BEK TENGAH: Sergio Ramos
[lihat.co.id] - Tampil konsisten dan tanpa kompromi sepanjang turnamen, bek Real Madrid ini membuktikan peran pentingnya sebagai pemimpin di lini belakang La Roja. Ketenangannya di jantung pertahanan bisa menetralisir ancaman lawan dan membuat mesin perang Spanyol bisa melancarkan agresi dengan mulus.

4. BEK TENGAH: Giorgio Chiellini
BEK TENGAH: Giorgio Chiellini
[lihat.co.id] - Chiellini menjadi tembok kukuh yang meneruskan tradisi kekuatan pertahanan Italia. Sukses menahan Spanyol tanpa gol di semifinal - sebelum akhirnya kalah adu penalti, membuktikan ketangguhan palang pintu Juventus ini. Ia juga mencetak satu gol dalam kekalahan 2-4 atas sang juara, Brasil di fase grup.

5. BEK KANAN: Jordi Alba
BEK KANAN: Jordi Alba
[lihat.co.id] - Bek lincah milik Barcelona ini membuktikan kematangannya di turnamen ini. Kuat dalam bertahan, namun juga membahayakan saat menyerang, Alba menunjukkan peran krusialnya dengan dua gol ke gawang Nigeria kala membawa La Roja menang 3-0 di laga terakhir fase grup.

6. TENGAH : Daniele De Rossi
TENGAH : Daniele De Rossi
[lihat.co.id] - Gelandang pekerja milik AS Roma ini menjadi salah satu penumpu kekuatan lini tengah Gli Azzurri yang memastikan keseimbangan tim. Tak hanya rajin dan solid membantu pertahanan, De Rossi juga efektif saat membantu serangan - terbukti dengan donasi satu gol kala Italia menumpas Jepang 4-3 di fase grup.

7. TENGAH : Andres Iniesta
TENGAH : Andres Iniesta
[lihat.co.id] - Meski Spanyol gagal menjadi jawara, tak ada yang meragukan kejeniusan maestro lini tengah Barcelona ini. Kemampuannya mengorkestrasi permainan Spanyol tampak jelas di sepanjang turnamen. Dan meski cuma memberi satu assist, Iniesta layak mendapatkan trofi Silver Ball sebagai Pemain Terbaik di posisi kedua.

8. TENGAH: Paulinho
TENGAH: Paulinho
[lihat.co.id] - Keuletan gelandang Corinthians ini sudah terbukti di level klub yang ditandai sukses menjadi kampiun Piala Dunia Antarklub. Performanya konsisten pula di timnas pada turnamen kali ini. Donasi dua gol - lawan Jepang dan yang paling krusial, lawan Uruguay, membawanya meraih trofi Bronze Ball.

9. DEPAN: Fred
DEPAN: Fred
[lihat.co.id] - Meski sempat dikritik, penyerang Fluminense ini tetap konsisten dalam penampilannya. Dengan torehan lima gol dan satu assist, ia nyaris menjadi top skorer turnamen (hanya kalah waktu bermain dari Fernando Torres) dan hanya meraih Silver Boot. Namun dua gol krusialnya di final lebih dari cukup untuk memberi Brasil gelar juara.

10. DEPAN: Fernando Torres
DEPAN: Fernando Torres
[lihat.co.id] - El Nino mungkin tak setajam dulu, namun ia tetaplah sosok penyerang yang patut diperhitungkan. Sumbangan lima gol (meski empat di antaranya disarangkan ke tim gurem Tahiti) dan satu assist menjadikannya top skorer turnamen dan berhak menggondol trofi Golden Boot.

11. DEPAN: Neymar
DEPAN: Neymar
[lihat.co.id] - Tak diragukan lagi, pemuda inilah bintang turnamen ini. Diragukan banyak pihak sebelum kompetisi digulirkan, Neymar Jr menjawab semua keraguan dengan tampilan memukau. Dengan tambahan satu gol di final, ia pun dinobatkan sebagai pemain terbaik peraih Golden Boot, dilengkapi dengan Bronze Boot.

12. PELATIH: Luiz Felipe Scolari
PELATIH: Luiz Felipe Scolari
[lihat.co.id] - Baru menerima jabatan pelatih timnas Brasil enam bulan silam, Scolari membuktikan sentuhan emasnya dengan membentuk skuad Selecao yang solid dan berbahaya. Dan tampil di depan publik sendiri, timnya tak memberi kekecewaan dan mempersembahkan gelar juara yang dirayakan seluruh negeri.

13. CADANGAN
CADANGAN
  • Gianluigi Buffon
  • David Luiz
  • Thiago Silva
  • Andrea Pirlo
  • David Silva
  • Sergio Busquets

Related Posts: 13 Tim Sepakbola Terbaik di Piala Konfederasi 2013 versi Bolanet

Blog Archive