10 Pemain Sepakbola Afrika Terbaik yg Main di Liga Primer Inggris

Mata Internet Dunia: 10 Pemain Sepakbola Afrika Terbaik yg Main di Liga Primer Inggris -
10 Pemain Sepakbola Afrika Terbaik yg Main di Liga Primer Inggris - Saat ini, dunia sepak bola Eropa makin dipenuhi oleh talenta-talenta berbakat dari Benua Hitam, tak ketinggalan pula Liga Primer Inggris (EPL).
Banyak pemain asal Benua Hitam yang ingin menjajal kerasnya Liga kasta teratas di Britania Raya tersebut. Banyak yang berhasil bersinar di kerasnya kompetisi nomor satu Dunia tersebut, namun tak sedikit pula yang gagal.
Berikut ini adalah rangkuman 10 pemain kelahiran Afrika tersukses yang sempat menunjukkan sinarnya di Liga Primer Inggris,dikutip dari Dewibola:

10 . To-ny Yebo-ah
Tony Yeboah
Sedikit pem-ain ya-ng bisa men-jadi seorang pencetak gol hebat dan p-encipta gol-gol berkelas, Tony Yebo-ah adal-ah sosok yang mam-pu melakukan keduanya.

Selama ber-main un-tuk Leeds United, Tony Yeboah adalah satu-satunya pemain yang berhasil mencatatkan namanya dalam seja-rah Liga Pri-mer Inggris dengan memenangkan kompetisi "Goal of The M-onths" secara beruntun.

Yeb-oah cu-kup dikenal pu-blik Ingg-ris dengan tembaka-n jarak jauh dan tendangan voli yang mem-atikan.

9 . Yay-a To-ure
Yaya Toure
Kedata-ngan Yay-a Tou-re kali pertama ke Liga Inggris diprediksi tidak akan terlalu spesial, bahkan penampilannya dianggap tidak akan jauh berbeda dari Mahamadou Diarra ataupun Papa Boupa Diop.

Namun Yaya berhasil me-mberikan sesuatu yang ber-beda, yaitu seorang gelandang elit dan dinamis yang ma-mpu mengeksploitasi wil-ayah pertahanan lawan.
Kegemilangan Yaya akhirn-ya mem-buahkan mas-ing-masing 1 trofi FA Cup dan Liga Inggris ntuk Manchester City.

8 . J-ay-Jay Ok-ocha
Jay-Jay Okocha
Pem-ain a-sal Niger-ia ini sem-pat memberikan warna yang berbeda di Liga Inggris. Teknik yang di atas rata-rata, kelinc-ahan, serta kecepatan khas Ben-ua Hitam sering memb-uat lini pertahan-an lawan pontang-panting.

Banyak kalan-gan yang men-yebut Oko-cha sebagai seniman hebat lapangan hijau. Hanya sedikit or-ang ya-ng pernah melihat aksin-ya akan lupa akan keheb-atan dan keindahan permainannya.

7 . Nw-nko K-anu
Nwanko Kanu
Kanu ban-yak menuai kesukses-an bers-ama negaranyatim Elang Super, julukan Nig-eria dengan berhasil m-emenangkan Pia-la Dunia U17 dan meraih medali emas Olimpiade 1996. Namun kegemilanganya sep-ertinya akan berakhir saat dia diketahui m-enderita kelainan jantung.

Mengalami peri-ode suram ber-sama Inter Milan akibat terlalu sering naik meja operasi, Arsene Wenger datang menyelamatkan karirnya dengan mengontraknya pada Februari 1999 silam.
Kanu menga-khiri karirnya deng-an menca-tatkan tinta emas lewat berbagai trofi yang dir-aihnya, yaitu trofi Liga Champions, UEFA CUp, 2 trofi Liga Primer, 2 FA Cup, dan sa-tu medali emas Olim-piade.

6 . M-ichael Essi-en
Michael Essien
Bagi sebagi-an besar orang saat ini, mungkin Essia-n ha-nya dipandang sebagai pemain veteran yang sina-rnya ki-an memudar. Namun patut di ingat bahwa semasa jayanya, gelan-da-ng asal Ghana ini adalah salah satu pemain tengah terkuat yang berlaga di Liga Primer.

Pemain yang dibeli Chelsea seharga 24,4 ju-ta E-uro ini te-masuk pemain yang komplit. Essie-n memiliki kece-patan, passing akurat, ten-dangan ter--arah dan tak ketinggalan tekel-tekel apiknya.

Kembalinya Jos-e Mo-urinho ke Chels-ea diharapkan dapat mengemb-alikan sinar pem-ain Ghana tersebut.

5 . Patr-ick Vi-eira
Patrick Vieira
Pemain ke-lahiran Seneg-al ini sangat dikenal lewat kisah permusuhan abadinya dengan lege-nda Manch-ester Uni-ted, Roy Keane, kala masih membela Arsenal dulu.

Vieira yang ke-mudian menambil kewarganegaraan Perancis akhirnya dapat meraih pencapaian yang diidam-idam-kan oleh seluruh pesepakbola yang ada di dunia, yakni merengkuh trofi Piala Dunia. Vieira juga berhasil mengawinkantrofi Piala Dunia 1998 dengan trofi Euro 2000.
Kegemilangan V-ieira di tin-gkat internasional nampak-nya menular ke level klub. Vieira mampu me-mbawa Arsenal meng-ukir sejarah den-gan menjadi satu-satunya klub Inggris yan-g memenangi liga tanpa pernah menderita kekalahan satu kali pun. sebelum menin-ggalkan Arsenal, Vieira masih sem-pat mengantarkan The Gunners meraih trofi Piala FA.

4 . Mar-cel De-sailly
Marcel Desailly
Lahir di Acc-ra, Gha-na, Desailly adalah sala-h satu pemain berkewarganegaraan Perancis yang sempat mencicipi masa-masa kejay-aan Tim Ayam Jantan tersebut. Duetnya bersama Fra-nk Leboeuf di timnas Per-ancis menjadi salah satu duet bek yang sulit ditem-bus ka-la itu.
Desailly yang data-ng ke Ing-gris u-ntuk bermain bersama Chelsea berhasil mempersemba-hkan trofi Pia-la FA kepada tim yang bermar-kas di London Barat tersebut.

3 . Clau-de Ma-kelele
Claude Makelele
Nama Cla-ude Makelele pasti sud-ah tak asing di telinga para pecinta Liga Inggris. Claude Makel-ele adalah se-orang gelandang multifungsi yang mampu mempertahankan bol-a dengan baik dan kemudian mengirimk-annya melalui ump-an yang memanj-akan para striker.


Make-lele ya-ng didata-ngkan Chelsea dari real Madrid, me-njadi sal-ah satu komp-onen penting saat The Blues memen-angkan trofi Liga Pri-mer pada awal masa kepemerint-ahan Jose Mouri-nho.

2 . Geo-rge We-ah
George Weah
George W-eah mungkin han-ya sebentar merasakan kerasnya Liga Primer Inggris, namun jika menelisik judul artik-el ini, tak mungkin rasanya George Weah tak masuk dalam daftar.
Sepa-njang kar-irnya di dunia sep-ak bola, george Weah beberapa kali dianugerahi penghargaan individu terbaik, yaitu pemain terbaik versi FIFA, pemain terbaik Eropa, dan dua kali pemain terbaik Afr-ika.
Nama We-ah mulai bersinar di pert-engahan 90'an. Pu-ncak karirnya adalah ketika dia bermain untuk AC Milan.

1 . Di-dier Dr-ogba
Didier Drogba
Pemain asal Pa-ntai Gadi-ng ini mem-ulai petualangannya di Eropa bersama Le Mans. Setelah beber-apa kali ber-ganti klub, akhirnya diadidatangkan ke Chelsea oleh Jose Mouri-nho yan-g saat itu menjabat sebagai manajer.

Drog-ba ad-alah sal-ah sat-u stri-ker pembu-nuh yang sangat ditakuti bar-isan pertahanan lawan. Dia cu-kup ku-at untuk ber-adu te-naga dengan pemain belaka-ng la-wan dan menc-iptakan gol lewat pelu-ang sekecil ap-apun. Bersama Chelsea, Drogba menemuk-an pun-cak kejay-aanya den-gan berhasil meraih banyak gelar.
Ti-ga k-ali ju-ara Li-ga Pri-mer, em-pat kali jua-ra FA Cup, du-a kali juar-a Carling C-up, dua kali juara Commun-ity Shield, dan yang palin-g ba-ru adalah juara Liga Cham-pions.

Related Posts: 10 Pemain Sepakbola Afrika Terbaik yg Main di Liga Primer Inggris

Blog Archive