10 Bentuk Mobil Balap yang paling Aneh di Dunia

Mata Internet Dunia: 10 Bentuk Mobil Balap yang paling Aneh di Dunia -
10 Bentuk Mobil Balap yang paling Aneh di Dunia
Mobil balap adalah tolok ukur bagaimana pabrikan berhasil membuat mobil yang memiliki kemampuan hebat di atas aspal.

Namun kecepatan, akselerasi, sisi aerodinamis, dan handling di atas rata-rata yang dimiliki mobil balap tentunya tidak berarti apapun jika tidak disertai bentuk bodi yang memungkinkannya melibas jalanan dengan performa terbaik.

Bentuk mobil balap tidak selalu harus terlihat sporty, gagah, ringan dan keren. Sejumlah mobil balap pun memiliki desain yang nyeleneh.Mana saja? Berikut 10 di antaranya:


1.Chevrolet Camaro & Ford Festiva Upside Down
Chevrolet Camaro & Ford Festiva Upside Down
Add caption
Bosan melihat desain mobil balap yang itu-itu saja? Lihatlah mobil balap besutan Jeff Block dari SpeedyCop ini.

Mobil balap ini adalah gabungan dua mobil, yakni Chevrolet Camaro yang disusun terbalik dan menggunakan mesin dari Ford Festiva. Mobil balap ini bahkan berpartisipasi di balap mobil klasik LeMons yang merupakan plesetan dari balapan legendaris LeMans.

Meski tidak menjadi yang tercepat, setidaknya mobil ini menjadi pusat perhatian penonton, dan mungkin bakal tetap terlihat keren jika kecelakaan dan lalu terbalik.

2.BMW H2R
BMW H2R
Dibekali mesin V12 6.000 cc dari BMW 760i dan tenaga hidrogen, mobil ini sukses memecahkan sejumlah rekor kecepatan. Namun sasisnya terlihat sangat aneh jika bodi utamanya dicopot.

Dengan dibalur warna hijau, mobil ini justru terlihat seperti sebuah ketimun.

3.Chaparral 2H
Chaparral 2H
Spoiler atau wing yang dipasang di belakang mobil memang keren, namun jika ukurannya berlebihan, Anda bukannya membuat mobil balap, tetapi pesawat beroda empat.

Alih-alih memasang wing di belakang bodi mobil seperti pada umumnya, perancang mobil ini justru memasangnya di tengah bodi dengan ukuran luar biasa besar, seperti ingin terbang.

4.March Engineering 711
March Engineering 711
Pada musim balap Formula 1 pada 1971, Frank Costin hadir dengan mobilnya yang memiliki desain sayap hidung depan baru yang disebutnya 'Spitfire'.

Desain sayap yang cukup aneh, dan mobil ini pun tidak pernah menang meski empat kali menyelesaikan seri balapan di tempat kedua. Lumayan.

5.Bugatti Type 32
Bugatti Type 32
Bugatti kini dikenal sebagai pabrikan mobil tercepat di dunia, Veyron. Namun, siapa sangka Bugatti juga pernah menghasilkan mobil balap yang gagal, namanya Bugatti Type 32.

Ini adalah mobil balap Bugatti di tahun 1923 dengan mesin 1991cc empat silinder segaris, dua karbuartor Zenith dengan hanya 80 tenaga kuda saja dan handling yang sangat buruk.

Sekilas, mobil ini tampak seperti sebuah mesin giling.

6.Italcorsa TARF II
Italcorsa TARF II
Mobil ini memiliki desain bodi kiri kanan yang terpisah dengan pengemudi yang duduk di sisi kiri. Mesinnya yang ditaruh di sisi kanan cukup oke, yakni Ferrari 246 Dino DOHC V6 2.418cc dengan tiga karburator twin-choke dan girboks Rover.

Mobil ini memiliki suspensi depan independen, dan as roda belakang yang digerakkan dengan rantai. Meskipun berbetuk ajaib, mobil ini berhasil meraih tujuh rekor kecepatan antara tahun 1951 dan 1952.

7.1985 Red Wedge
1985 Red Wedge
Ini adalah mobil balap berbentuk ajaib besutan Bill Prietzel. Mungkin seperti inilah bentuk mobil Formula 1 jika dibuat dalam versi balapan trek oval seperti NASCAR namun di atas tanah kasar.

8.AVS Shadow MK1 Can Am
AVS Shadow MK1 Can Am
Idenya adalah untuk memaksimalkan downforce dengan membuat mobil balap serendah mungkin. Terlihat seperti mobil Batman yang dibuat ceper dengan roda depan hanya berukuran 10 inci.

9.Chaparral 2J
Chaparral 2J
Menyusul keanehan dari mobil balap pertamanya Chaparral 2H, mereka kembali membesut mobil yang lagi-lagi berbentuk aneh bin ajaib. Dengan bodi depan melengkung namun bodi belakang sangat mengotak seperti kotak sabun.

Di bodi belakangnya menggunakan dua mesin mobil salju 2 tak dengan tenaga kuda berukuran 17 inci yang terlihat seperti kipas angin. Belum lagi roda belakang yang disembunyikan dari bodi.

10.3 to 1 Supermodified
3 to 1 Supermodified
Seperti mobil pada umumnya, roda mobil ini pun ada empat. Bedanya, tiga roda diletakkan di sisi kanan mobil, dan hanya satu roda di sisi kiri dengan blok mesin Chevrolet di sisi yang sama.

Entah apa yang ada dipikiran perancangnya, Kenny Reece. Tak heran mobil ini pun akhirnya dilarang untuk digunakan.

Related Posts: 10 Bentuk Mobil Balap yang paling Aneh di Dunia

Blog Archive