5 Penyakit terkenal yg Diambil Sesuai dgn Nama Penemunya

Mata Internet Dunia: 5 Penyakit terkenal yg Diambil Sesuai dgn Nama Penemunya -
5 Penyakit terkenal yg Diambil Sesuai dgn Nama Penemunya - Sebutan atau penamaan pada penyakit atau bakteri dalam dunia sains ternyata tak datang secara tiba-tiba. Banyak sekali penyakit ataupun bakteri yang namanya diambil dari nama sang penemu.

Hal ini memang sudah menjadi salah satu ketentuan dalam pemberian nama ilmiah. Dikutip dalam Huffington Post,ini dia nama-nama penyakit terkenal yang diambil sesuai dengan nama penemunya:

1. Parkinson
[lihat.co.id] - Penyakit parkinson atau sebuah gejala kelumpuhan yang dapat dilihat tandanya seperti tangan atau kaki yang bergetar terus menerus diambil dari nama James Parkinson (1755-1824). Ia adalah seorang apoteker ahli bedah, ahli geologi, dan aktivis politik. Penyakit ini awalnya dijelaskan sebagai kelmpuhan agitans dan kemudian berganti nama menjadi penyakit Parkinson.

2. Alzheimer
[lihat.co.id] - Seorang psikiater Jerman Aloysius 'Alois' Alzheimer (1864 - 1915) menerbitkan kasus pertamanya yaitu demensia presenile. Nah, penyakit inilah yang sekarang disebut sebagai penyakit alzheimer.

3. Huntington
[lihat.co.id] - George Huntington (1850-1916) adalah seorang dokter Amerwwwli hatcoidika yang menggambarkan kelainan genetik neurodegenerative yawwwli hatcoidng menyebabkan penurunan kognitif dan menyebabkan masalah kejiwaan. Penyakit ini sekarang dikenal sebagai penyakit huntington.

4. Bells Palsy
[lihat.co.id] - Penyakit Bell's Palsy adalah sebuah penyakit yang menimbulkan kelumpuhan khususnya pada wajah. Nama penyakit ini diambil dari nama seorang ahli bedah Skotlandia, Charles Bell (1774–1842).

5. Listeriosis
[lihat.co.id] - Listeriosis adalah penyakit yang diambil dari nama penemunya, Sir Joseph Lister. Sir Joseph Lister (1827-1912) dikenang sebagai pendukung operasi antiseptik dan untuk infeksi bakteri yang dinamai dengan namanya, listeriosis. Nah, salah satu produk yang dinamai menggunakan namanya adalah obat kumur Listerine.

Related Posts: 5 Penyakit terkenal yg Diambil Sesuai dgn Nama Penemunya

Blog Archive